Lihat ke Halaman Asli

Menjelajahi Dunia dalam Hitungan Detik?

Diperbarui: 6 Juli 2015   09:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nature. Sumber ilustrasi: Unsplash

Di zaman ini bukan hal yang mustahil untuk mengetahui peristiwa-peristiwa apa saja yang sedang terjadi di dunia. Ditambah lagi kemajuan teknologi komunikasi yang memudahkan siapa pun untuk mengakses informasi apa saja dengan cepat. Dengan memanfaatkan teknologi online penyedia jasa informasi, merubah media yang digunakan menjadi online. Hal ini tentu karena melihat pola konsumtifmasyarakat yang lebih memilih hal yang praktis dan instan dalam hal apa pun termasuk pemenuhan kebutuhan informasi. Hingga muncul lah banyak portal-portal berita baru yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Perubahan kebiasan khususnya dalam mengakses new media juga sejalan dengan populasi pengguna internet di Indonesia yang semakin melonjak. Survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengungkapkan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia pada 2012 mencapai 63 juta orang atau 24,23 %dari total populasi.  Angka itu diprediksi naik sekitar 30% menjadi 82 juta pengguna dan terus tumbuh menjadi 107 juta pada 2014, dan 139 juta atau 50 persen total populasi pada 2015.

(sumber, diakses tanggal 20 september 2013)

Pada era ini informasi merupakan hal yang sangat penting. Hingga muncul lah slogan bahwa siapa yang menguasai informasi, maka dia lah yang menguasai dunia. Sehingga kita pun berlomba-lomba untuk memperoleh informasi sebanyak-banyaknya. Namun informasi yang dicari adalah informasi yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu.

Perkembangan teknologi komunikasi memudahkan kita untuk mengakses informasi, hanya dengan bermodalkan gadget yang relative murah, serta berlangganan internet dengan berbagai macam pilihan provider, dari yang murah hingga yang mahal, kita dapat mengakses informasi mengenai perkembangan demokrasi di Amerika, stabilitas ekonomi India, perayaan-perayaan di Inggris, wisata kuliner di Timur Tengah, serta berbagai macam informasi lainnya. Kita dapat menjelajahi dunia dengan mengetahui peristiwa-peristiwa yang terjadi hanya dalam hitungan detik. Sungguh penawaran yang sangat menggiurkan bukan? Menjadikan dunia seolah berada dalam genggaman, hingga suatu saat nanti dengan informasi yang kita miliki, kita dapat menginjakan kaki di Negara yang kita impikan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline