Lihat ke Halaman Asli

Rahadian Arrijal Hafizh

Blogger Finansial

6 Peluang Usaha yang Menjanjikan untuk Tahun 2020

Diperbarui: 27 Desember 2019   13:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: studymate.com

Tahun 2020 tinggal beberapa bulan lagi. Namun, peluang usaha yang menjanjikan di tahun depan masih banyak. Nantinya, bakal muncul beberapa peluang usaha dengan modal kecil yang membuat orang tertarik mencoba peruntungan. Ada beberapa calon pengusaha memutuskan untuk mundur ketika menemukan kendala saat memulai sebuah bisnis, padahal peluang usaha yang menjanjikan itu sudah ada di depan mata. Masalah klasik yang sering menjadi alasan untuk tidak memulai usaha adalah kurangnya modal awal untuk memulai bisnis mereka.

Kalau kamu mau usaha dengan modal kecil, berarti kamu hanya punya dagangan yang terbatas, tergantung dengan uang yang dimiliki. Berikut ini adalah beberapa contoh peluang usaha yang menjanjikan dan sering dijalankan oleh para pengusaha kecil dan menengah:

Bisnis Kuliner

Hobi memasak dan makan? Nah, bagi kamu yang memiliki resep makanan yang unik atau bisa membuat snack yang digemari banyak orang, kamu bisa memanfaatkan peluang usaha di bidang kuliner.

Peluang usaha yang menjanjikan ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai dunia kuliner. Tidak sedikit orang yang berhasil menjalankan bisnis ini, bahkan bisa semakin berkembang dan membuka cabang di tempat lain.

Perlu diketahui juga bahwa bisnis ini merupakan salah satu model bisnis yang tidak akan pernah mengalami kemunduran. Kenapa begitu? Karena makanan adalah kebutuhan pokok manusia. Jadi, meski saat ini kita sering menemukan berbagai jenis usaha kuliner, tetap saja akan muncul jenis bisnis kuliner lain dengan tampilan dan kemasan yang berbeda.

Model bisnis ini juga bisa kamu jalankan dengan modal kecil, sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak memulainya ya. Dan bila kamu tidak punya keahlian dalam dunia kuliner namun sangat ingin memiliki sebuah bisnis makanan, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli bisnis waralaba makanan dengan modal yang kecil, misalnya waralaba makanan camilan. Salah satu bisnis franchise makanan ringan yang bisa kamu pertimbangkan adalah bisnis gorengan, di mana bisnis ini tidak akan ada matinya karena memilik banyak peminat di Indonesia.

Les Private

Kamu punya keahlian khusus? Coba saja kamu mulai berusaha untuk memberikan les private. Misalnya saja les private gitar, website, desain, bahasa Inggris, komputer atau yang lainnya.

Di zaman modern seperti ini, les private sudah bisa dilakukan melalui internet. Di Indonesia sendiri saat ini sudah banyak startup bisnis yang memberikan kemudahaan untuk les private/ kursus secara online. Salah satu dari sekian banyak startup tersebut adalah SekolahPintar.com atau Ruang Guru.

Nah, buat kamu yang memiliki ilmu atau keahlian khusus, ini bisa menjadi sebuah peluang bisnis yang menjanjikan, bahkan bisa dijalankan dengan modal yang sangat minim. Kamu hanya perlu membuat materi pelajaran yang sesuai dengan bidang keahlian, kemudian mendaftar menjadi pemateri/ guru di Sekolahpintar.com, dan upload materi pelajaran.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline