Lihat ke Halaman Asli

Ragil Rizki Raditya Esha

Ilmu Komunikasi UNISMA 45 BEKASI

Berbagi Lewat Buku Berjudul Gesture Karya Zaka Putra Ramdani

Diperbarui: 4 Oktober 2023   00:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://biggo.id/s/gesture+zaka+putra/

Saya punya satu buku bacaan yang menarik buku itu merupakan jenis buku self improvement yakni jenis buku yang dirancang untuk membantu individu mengembangkan potensi dan meningkatkan kualitas hidup pembaca itu sendiri. Biasanya buku seperti ini berisi topik-topik mengenai keilmuan, tips and trik, pengalaman, dan juga inspirasi dari penulis atau tokoh yang ahli pada bidangnya. Buku yang berjudul gesture yang ditulis oleh zaka putra ramdani dan diterbitkan oleh jendela books. Buku ini mengajak kita travelling mengenai komunikasi, baik verbal maupun non verbal.

Diantaranya kita dapat membaca pesan dari bahasa tubuh lawan bicara misalnya dalam sub bab menerka pesan bahasa tubuh. Bahasa tubuh yang paling banyak memberi informasi adalah ekspresi wajah. Dalam ilmu psikologi terdapat dua jenis ekspresi yaitu makro dan mikro. 

Ekspresi makro adalah mimik wajah yang mudah diamati dan dibedakannya diantaranya contohnya ialah tersenyum dan menangis. Berbeda halnya dengan ekspresi mikro adalah ekspresi yang tidak disadari dan terjadi dalam waktu relatif singkat. Seperti Bahagia, takut, muak, kaget atau bahkan menganggap remeh. Cara menilai hal tersebut dapat dilihat dari gerak sudut mulut, pergerakan otot pipi dan gerak sudut mata. Indikator diantaranya:

1. Bahagia/senang

Ciri-cirinya adalah mata mengkerut layaknya jejak kaki gagak, pipi yang agak naik, gerakan dari otot yang memutar sampai mata.

2. Marah/Jengkel

Ciri-cirinya adalah Alis ke bawah dan menyatu, mata terbuka, dan bibir menyempit.

3. Sedih

Ciri-cirinya adalah kelopak mata atas terkulai, kehilangan fokus dimata, dan sisi-sisi bibir sedikit ditarik ke bawah.

4. Takut

Ciri-cirinya adalah alis mata naik dan menyatu bersamaan, kelopak bawah mata menegang, dan bibir sedikit horizontal ke arah telinga.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline