[caption caption="Ilustrasi: Shutterstock"]
[/caption]Hari gini masih nulis Surat Pembaca di Koran?! Idih, Percuma, Bro. Mendingan nulis surat via Kompasiana. Agan-agan bisa nyontoh sama Mba Devita Ayuningtyas. Yang baca ribuan. Nangkring di Head Line, beranda terdepan. Udah gitu tulisan tsb mejeng berhari-hari. Dengan syarat kalo informasi bener-bener komplit pake telor ya.
Nih baca sendiri blog pertama, sekaligus surat keluhan and jeritan hari seorang gadis (tebakan gue begitu) bernama Devita Ayuningtyas, dari Cinere Jakarta Selatan. Bikin akun kompasiana pada 26feb2016. Pada hari itu juga buka lapak pertama:
Menjadi Cacat Karena Olahraga: Surat Terbuka Untuk Celebrity Fitness
Persoalan siapa yang salah dalam perkara tsb, gue nggak tau. Nggak turut campur. Gue cuman ngasih contoh tuh hare gene kagak maen Surat Pembaca di Koran atau majalah. Zaman udah canggih gini, agan-agan bisa ngirim tulisan apa saja via Kompasiana. Gratis. Segratis bikin akun Facebook.
Masa seh kalah berani sama Devita? Malu dong.
[caption caption="Devita ayuningtyas pada profile kompasiana"]
[/caption]
Tuh liat. Sekali buka lapak, Devita kebanjiran pembaca 327ribu. Itu dia lagi mujur yah. Normalnya sih sekitar 1000 s/d 10000 view buat postingan blog yang orisinil, unik, dan kagak ada di media lain.
Beda jauh dong sama Surat Pembaca di media cetak. Udah lama nunggu. Belum tentu tayang. Udah gitu ditempatin di pojok yang sepi and nyempil. Gimana agan-agan kagak dongkol? (wkwkwk). Apalagi kalo isi surat bertentangan dengan kepentingan si empunya media, dijamin kagak pernah terbit.
Biarpun ente nangis sampe ngosek guling-guling di lantai, Surat Pembaca di media cetak ibarat ngirim SMS ke Pak Camat. Belum tentu dibales!
"Ah, gue mah cukup curhat pake Facebook." Mungkin gitu pikiran agan-agan. Ada benernya sih, pan sesama medsos dengan blog. Cuman, pake Facebook jangkauannya hanya seluas temen-temen facebooker. Dus, status FB kagak nyantel di pencarian Google. Begitu dicari eh ngeblank.