Lihat ke Halaman Asli

Ragam Pantura

Beragam Info Pantura

Menurut Riset, Golongan Darah O Lebih Kebal terhadap Virus Corona

Diperbarui: 3 April 2020   18:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pexels/Pranidchakan Boonrom(Pexels/Pranidchakan Boonrom)

Riset tersebut melibatkan 2.000 pasien di Tiongkok.

RAGAMPANTURA, Indramayu - Ilmuwan medis di Tiongkok baru-baru ini meneliti pola golongan darah pada lebih dari 2 ribu pasien virus corona atau COVID-19 di Wuhan dan Shenzhen. Hasilnya dibandingkan dengan populasi setempat yang tidak ikut terjangkit.Dari riset tersebut, ditarik kesimpulan sementara bahwa golongan darah O memiliki resistensi yang lebih baik terhadap penyakit menular. Sementara, golongan darah A justru lebih rentan. Berikut penjelasannya.

1. Orang dengan golongan darah A perlu memperkuat perlindungan diri

seiuhcilin.org

Penelitian ini dipimpin oleh Wang Xinghuan dengan Pusat Pengobatan Berbasis Bukti dan Terjemahan di Rumah Sakit Zhongnan, Universitas Wuhan. Lewat laman South China Morning Post, peneliti ini mengatakan orang-orang dengan golongan darah A perlu memperkuat perlindungan pribadi untuk mengurangi kemungkinan infeksi virus corona. 

Selain itu, pasien dengan golongan darah A yang telah terinfeksi SARS-CoV-2 perlu menerima pengawasan ketat serta perawatan yang agresif, ungkap Wang Xinghuan. Dari penelitian ini, ditemukan bahwa pasien dengan golongan darah A memiliki tingkat infeksi yang lebih tinggi dan cenderung mengalami gejala yang lebih parah. 

2. Golongan darah O memiliki risiko lebih rendah

nypost.com

Apabila golongan darah A lebih rentan, golongan darah O justru sebaliknya. Berdasarkan riset yang dikutip oleh South China Morning Post, golongan darah O memiliki risiko lebih rendah secara signifikan terhadap penyakit menular bila dibandingkan dengan golongan darah non-O.

Buktinya, dari 206 pasien yang meninggal akibat COVID-19 di Wuhan, 85 orang di antaranya memiliki golongan darah A. Sementara, golongan darah O berjumlah 52 orang. Golongan darah A memiliki persentase kematian 61 persen lebih tinggi dari golongan darah O. 

3. Perlu penelitian lebih lanjut dengan jumlah sampel yang lebih besar

asianscientist.com

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline