Lihat ke Halaman Asli

M. Rafly Sulthan

SEJARAH DAN POLITIK ISLAM

"Tgk Mat Amin Ditiro Dimata Kaphe"

Diperbarui: 7 Agustus 2019   01:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

- TGK MAT AMIN DITIRO DIMATA KAPHE -

- Tgk mat amin ditiro adalah putra Tgk chik Ditiro pelanjut perjuangan trah Ditiro. Beliau di didik dan dilatih sebagai tentara ketimbang sebagai seorang ulama. Ia hanya memiliki kemampuan dan kecendrungan yg kecil untuk menjadi sebagai ulama. Demikian tulis Snouch Horgronje dalam buku nya Aceh dimata kolonial
-
Beliau menguasai banyak pelajaran agama spt yg di ketahui oleh orang Awam Aceh yg saleh dan selalu di istimewakan dengan gelar Tengku. Ia seorang gerilya. Tdk lebih dari itu. Lanjut Snouck. Lantaran otoritas besar yg di dapat kan dari nama besar ayah nya yg menjadi inspirasi di berbagai tempat. Ia dianggap menepati posisi sebagai panglima

Dlm kapasitas sebagai panglima ia dan pasukan nya nenjadi beban besar bagi masyarakat. Dan kehidupan nya yg jauh dari harmonis dengan ajaran ajaran ayahnya.
-
Snouch hirgronje kemudian melanjut kan riwayat nya(tentu saja fitnah)  kpd Tgk maat Amin. Cerita yg berkembang mengatakan(entah dari mana snouch mendapat cerita ini)  bahwa selama beberapa tahun terakhir kehidupan Tgk mat amin hidup bersama istri orang lain. Dan Tgk chik ditiro. Untuk memberi nya pelajaran. Ia dilarang untuk menemuainya.
-
Hal ini tampak nya cukup membuat marah anak muda(tgk mat amin)  sehingga ia memerintah kan beberapa orang untuk menyingkir ayahnya yg sdh uzur. Ketika tgk chik ditiro  yg masih segar bugar. 

Tiba tiba jatuh sakit. Konon ia merasa yakin salah seorang suruhan anaknya telah membubuh kan racun ke dalam minuman nya. (versi kita Aceh tgk chik ditiro diracun oleh nyak ubiet. Seorang wanita tua dari seulimum dengan membubuhkan racun dalam daging burukiek yg dihantar kan kepada beliau sebagai konduri .red)

Selanjut nya snouck menulis. Putra nya(tgk mat amin)  tdk pernah mendengar nasehat ayah nya. Cara berpakaian nya menunjuk kan bahwa ia memiliki karakter seorang ule balang.sementara ayahnya.
-
Dalam menerima tamu tamu istimewa selalu berdiri menyambut mareka. Anak muda tersebut(tgk mat amin)  tetap duduk hingga mareka datang menemuainya. Bahkan orang Aceh mengangap mat Amin sombong. Angkuh dan keras kepala. Begitu klaim snouck.
Saat ayah nya meninggal. Nafsu jahat nya semakin menjadi jadi.

By : M.Rafly Sulthan

Mahasiswa Iain Langsa




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline