Disusun Untuk Memenuhi Tugas UTS Mata Kuliah Komunikasi Politik
Dosen Pengampu:
Amin Shabana,S.Sos, M.Si
Disusun Oleh:
Shandy Rafly Pratama (23010400034)
PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA 2024
Komunikasi Politik Sebagai Alat Penggerak Kampanye Efektif
Komunikasi politik adalah proses penyampaian informasi, ide, atau pesan terkait politik kepada masyarakat dengan tujuan untuk mempengaruhi sikap, pendapat, dan perilaku mereka dalam ranah politik. Ini melibatkan interaksi antara aktor-aktor politik, media, dan publik untuk membentuk opini publik, mempromosikan kebijakan, serta membangun dan memelihara hubungan antara politisi dan pemilih.
Kampanye politik yang efektif harus memiliki pesan yang jelas dan konsisten. Pesan ini harus mudah dipahami oleh pemilih dan relevan dengan isu-isu yang menjadi perhatian publik. Pesan tersebut harus disampaikan melalui berbagai saluran komunikasi yang digunakan oleh tim kampanye, termasuk media sosial, iklan, debat, dan pidato. Pesan yang konsisten membantu pemilih untuk mengingat dan memahami posisi calon atau partai politik pada isu-isu tertentu.