Lihat ke Halaman Asli

rafly herbriansyah

Mahasiswa GIAT 3 UNNES Desa Kertaharja

Pemanfaatan Limbah Sampah Plastik Menjadi Taman Ecobrick

Diperbarui: 15 Desember 2022   08:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

KKN Unnes desa Kertaharja 2022: Pemanfaatan limbah sampah untuk taman bunga dengan teknik ecobrik.

Mahasiswa Unnes giat 3 Desa kertaharja membuat sebuah kerajinan dengan memanfaatkan sampah botol plastik menjadi taman bunga.

Hal ini menjadi program unggulan dalam memanfaatkan sampah, yaitu  memilah dan memanfaatkan limbah sampah yang tidak terpakai bahkan bisa mencemari lingkungan menjadi suatu taman yang bisa bermanfaat

Dokpri

Cara pembuatannya yaitu dengan menggumpulkan 60 botol plastik yang didalamnya sudah diisi dengan potongan plastik kecil yang ditumpuk sampai keras seperti  batu bata sehingga kuat. Setelah itu botol-botol ecobrick tersebut di susun sesuai bentuk yang ingin di buat menggunakan semen untuk memperkuat pondasi dibawah serta agar menyatu antar botolnya. Lalu yang terakhir baru ditanam kedalam tanah.

Dokpri

Nantinya taman dari limbah sampah ini akan dibuat dihalaman balaidesa kertaharja, sekaligus menjadi kenang-kenangan berbentuk karya untuk desa kertaharja.

Harapannya, tanaman ini bisa dimanfaatkan untuk penanaaman bunga, mempercantik lingkungan dengan menggunakan bahan yang sudah tidak terpakai dan bisa menjadi contoh untuk masyarakat dalam memanfaatkan limbah sampah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline