Lihat ke Halaman Asli

Edukasi Perizinan UMKM Mahasiswa KKN UNDIP TIM II di Masa Pandemi Covid-19 Kelurahan Plamongansari

Diperbarui: 14 Agustus 2021   20:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Plamongansari, Semarang (06/08/2021) Dari data https://siagacorona.semarangkota.go.id diketahui total kasus Corona sejak pertama pandemi hingga saat ini di Kota Semarang ada 82.694 kasus, yang sembuh ada 75.756, dan yang meninggal ada 6.027. 

Untuk kasus positif hari ini ada 911 kasus yang terdiri dari 575 warga Semarang dan 336 warga luar Semarang. Jumlah pasien yang terinfeksi virus Corona atau COVID-19 kian hari terus bertambah. 

Agar tingkat penyebarannya tidak semakin parah, pemerintah menyarankan masyakarat untuk tetap berada di rumah dan menerapkan protokol isolasi mandiri, terutama bagi yang mengalami gejala COVID-19.

Pandemi COVID-19 memberikan dampak terhadap ekonomi, sosial, dan politik bukan hanya negara-negara besar akan tetapi hampir seluruh negara di dunia. Indonesia yang didominasi oleh Usaha Mikro, kecil, dan Menengah (UMKM) perlu memberikan perhatian khusus terhadap sektor ini karena kontribusi UMKM terhadap perekonomian nasional yang cukup besar. Akibat Covid-19 tersebut memberikan dampak yang cukup besar pada perekonomian di Indonesia terutama pada UMKM.

Melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro yang mengusung tema "Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG's) melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata". Ditengah pandemi COVID-19 ini, KKN dilaksanakan dikampung halaman masing-masing.

dokpri

Untuk daerah Kelurahan Plamongansari sendiri terdiri dari 8 mahasiswa dengan DPL Bapak Ari Wibawa Budi Santosa.,ST.,M.Si. Disini kami ditugaskan di Kelurahan Plamongansari wilayah kelurahan Plamongansari. Dengan KKN yang bertemakan diatas , kami di wajibkan dan diharuskan untuk mengambil proker yang dapat berdampak positif ke masyarakat di kala pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. 

Dalam perjalanannya kami dihadapkan oleh PPKM yang sampai sekarang belum selesai. Tetapi tidak menyurutkan keinginan kami untuk tetap terus berperan di masyarakat khususnya di wilayah Kelurahan Plamongansari.

Salah satu mahasiswa KKN Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Diponegoro peduli dengan UMKM daerah Plamongansari melalui program kerja edukasi perizinan UMKM yang berada di wilayah yang bersangkutan guna memberikan edukasi kepada UMKM dalam perihal perizinan yang harapannya dapat membantu UMKM yang terdampak Covid-19.

dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline