Lihat ke Halaman Asli

Rafiqrh

Kolektif Absolut

PMM UMM Kelompok 30 Gelombang 4 Memberikan Bantuan Masker dan Handsanitizer kepada Masyarakat Kelurahan Margomulyo

Diperbarui: 31 Mei 2022   21:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) atau Program Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) disetiap tahunnya namun pada kesempatan tahun ini banyak hal yang berubah sebab adanya virus pandemi covid 19 membuat ruang gerak masyarakat menjadi terbatas dalam melakukan aktivitas dan kegiatan sehari - hari. Melalui Kelompok 30 Gelombang 4 mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM UMM) yang didampingi oleh Dosen pembimbing Ibu Widya Yutanti, M.A. (Hons). Kegiatan Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa ini dilaksanakan selama satu bulan di Kelurahan Margomulyo, Kecamatan Balikpapan Barat, Kota Balikpapan.
Pada masa pandemi covid 19 yang terjadi dua tahun kini telah membawa banyak perubahan dalam membatasi ruang gerak aktivitas kegiatan seluruh masyarakat. Dalam pandemi seperti ini tentunya kegiatan yang biasa nya dilakukan sehari - hari akan terasa berbeda dan asing apabila dijalankan di tengah suasana pandemi covid 19. Hal ini tentunya menjadi tugas pemerintah dalam memberikan solusi yang terbaik bagi masyarakat guna mengatasi pandemi covid 19. Melalui Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, kemudian mengumumkan kasus pertama positif Covid-19 di Indonesia pada hari Senin tanggal 2 Maret 2020 yang ditularkan melalui transmisi dari manusia ke manusia(Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, 2020). Sebagai tindak lanjut serius atas peristiwa global yang telah masuk ke Indonesia, Presiden Republik Indonesia kemudian mengundangkan Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) sebagaimana telah diubah dengan Keputusan Presiden Nomor 9 Tahun 2020.
Menjaga kesehatan masyarakat menjadi hal yang sangat krusial. Selain melalui strategi-strategi yang diberikan oleh pemerintah, kesehatan masyarakat juga diciptakan melalui lingkungan disekitarnya. Sehingga menciptakan lingkungan sehat menjadi penting dalam kondisi pandemic ini. Lingkungan sehat yang dimaksud sendiri ialah lingkungan yang memahami akan kebersihan serta patuh terhadap protocol kesehatan dalam pencegahan Covid-19.
Kemudian dalam jumlah kasus covid 19 yang terjadi di tengah kota balikpapan, salah satu kelurah yang ada dalam kawasan kelurahan margomulyo tercatat memiliki jumlah kasus yang paling terbanyak di antara keluarahan lainnya. Sehingga hal ini menjadi perhatian penting bagi kelompok pmm kami dan sekaligus pihak kelurahan dalam mengatasi masalah tersebut. Dalam realita fenomena sosial di lapangan memang kami temukan masih banyaknya masyarakat yang apatis terhadap himbauan yang telah diberikan oleh pemerintah dengan mentaati 3M yang tidak lelah - lelahnya mereka turut mengingatkan dengan Menjaga Jarak, Memakai Masker, dan Mencuci Tangan.
Maka dari itu, kami turut berupaya berpartisipasi dalam memutus tali rantai penyebaran vitus covid 19 di kawasan kelurahan margomulyo dengan melakukan pembagian masker dan handsanitizer serta memberikan himbauan poster kepada masyarakat terhadap bahaya penyebaran virus covid 19 yang terbaru di rumah warga, pos ronda, dan berbagai fasilitas umum lainnya. Dengan harapan adanya kegiatan yang kami lakukan ini agar nantinya dengan cara tersebut dapat meringankan tugas pemerintah dalam mengatasi permasalahan virus covid 19




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline