Kamis, 19 Oktober 2023, kami melakukan wawancara mengenai layanan dan problematika yang terjadi di SMPN 13 Malang. Dengan hasil data yang kami dapatkan sebagai berikut:
- Layanan: Layanan BK yang diberikan pada SMPN 13 Malang terbagi menjadi empat layanan yaitu, layanan dasar, layanan responsif, perencanaan individual, dan dukungan sistem. Dengan layanan dasar membantu siswa dalam pengembangan diri dan pencegahan diri agar proses belajar, pertumbuhan dan perkembangan berjalan secara optimal. Kemudian layanan responsif yang ditawarkan meliputi penanganan berbasis masalah (konseling individu, konseling kelompok, dan mediasi). Selanjutnya ada perencanaan karir dimana BK membantu siswa agar dapat menentukan karirnya, untuk kelas 7 dan 8 membantu mengarahkan siswa sesuai minatnya melalui ekstrakurikuler, lomba, dll., untuk kelas 9 Bk membantu siswa agar dapat memilih pendidikan lanjutan yang diinginkan. Selanjutnya ada dukungan sistem yang betujuan untuk pengembangan diri pada guru agar dapat lebih membantu siswa mendapatkan pertumbuhan yang optimal.
- Fasilitas: fasilitas yang ditawarkan adalah yang pertama ada jam bimbingan klasikal dan assessment yang dilaksanakan 1 tahun sekali dengan tujuan lebih mengetahui karakteristik siswa.
- Respon siswa terhadap BK: Siswa memiliki kesan BK adalah tempat untuk anak bermasalah.
- Problematika: Karakteristik siswa yang heterogen sehinggan sulit untuk melaksanakan bimbingan, selain itu wali murid juga lebih menutup terhadap apa yang dialami oleh anaknya, hal ini menyebabkan guru/staf BK perlu melakukan observasi terhadap lingkungan rumahnya.
- Solusi problematika: Solusi yang saat ini dilaksanakan adalah melakukan banyak assessment agar dapat lebih memahami siswa selain itu juga memahami kondisi siswa baik dari keluarga, lingkungan, dll.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H