Lihat ke Halaman Asli

Ekspresi dalam Berkreasi

Diperbarui: 17 Juni 2015   13:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (UKPM) Genta Andalas kembali mengangkat acara Pekan Jurnalistik yang ke-6. Acara ini diadakan selama sepekan mulai tanggal 2-8 Maret 2015 di Universitas Andalas.  Acara yang rutin dilakukan setiap tahun ini mengusung nama “Ekspresi dalam Berkreasi”.

“Kita mengangkat acara Pekan Jurnalistik VI ini dengan nama ekspresi dalam berkreasi, karena panitia mengharapkan semua mahasiswa yang ada di Indonesia ini bisa mengirimkan karya yang merupakan ungkapan ekspresinya serta merupakan hasil kreasi dari peserta itu sendiri. Sehingga kita selaku panitia sangat berharap ke keaslian dari karya peserta dan bukan merupakan hasil plagiat,” Ujar Icha Wulanda, Ketua Panitia Pekan Jurnalistik VI.

Acara Pekan Jurnalistik VI bertujuan untuk menampung ide dan karya dari semua mahasiswa maupun siswa SMA sederajat. Acara dengan ruang lingkup nasional ini, dapat diikuti oleh semua mahasiswa yang ada di Indonesia dan Siswa yang ada di Sumatera Barat. Kegiatan yang diangkat dalam pekan jurnalistik VI terdiri dari 4 lomba kirim, dan 2 lomba ditempat. Lomba yang diadakan diantaranya lomba Karikatur, Foto Jurnalistik, Esai, dan Cerpen untuk mahasiswa maupun cerpen untuk siswa. Sementara lomba ditempat yang akan diadakan adalah lomba News Presenter untuk mahasiswa dan lomba debat untuk siswa se-Sumatera Barat.

Selain itu juga ada beberapa kegiatan lain seperti lomba antar Unit Kegiatan Mahasiswa untuk menimbulkan kebersamaan antar mahasiswa, lalu juga akan ada pameran jurnalistik karya peserta dan bazar untuk meramaikan acara Pekan Jurnalistik VI ini serta ada acara Seminar Nasional dan Pelatihan Jurnalistik Tingkit Dasar (PJTD) yang dibuka untuk umum.

Icha Wulanda, mahasiswa Fakultas Ekonomi angkatan 2012 ini mengatakan bahwa lomba ini bisa diikuti oleh semua mahasiswa se-Indonesia tanpa terkecuali. “Semua ketentuan syarat lomba setiap peserta bisa dilihat di pamflet pekan jurnalistik VI atau bisa di cek di website Genta Andalas dengan alamat gentaandalas.com/penjurvi/ ,” Tambahnya.

“Semoga acara ini dapat berjalan lancar dan sukses, serta peserta bisa antusias mengikuti lomba ini. Saya optimis kegiatan ini akan berhasil jika seluruh bisa bekerjasama dengan baik dan saling berkoordinasi.” Harap Icha.

David Murdi selaku Pemimpin Umum mengungkapkan apresiasi mendalamnya terhadap  acara Pekan Jurnalistik ini. “Saya sangat mengapresiasi acara ini, karena jurnalistik itu sebenarnya sangat penting untuk diketahui oleh semua orang. Sehingga ini bisa menjadi wadah untuk memperkenalkan dunia jurnalistik dari sisi lain,” ungkapnya. (Tania)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline