Lihat ke Halaman Asli

Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UNPAS Membuat Kegiatan LDKO

Diperbarui: 9 Januari 2023   20:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar.1 Anggota HIMAKOM FISIP UNPAS (Dokpri)

Bandung, Ilkom Unpas – Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UNPAS mengadakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Organisasi dengan tema “Membangun Mahasiswa yang Memiliki Pemikiran Kritis, Logis, dan Analitis Dengan Diimbangi Oleh Sikap dan Etika Kepemimpinan yang Positif, Responsif dan Kompeten Di Era 4.0”. 

Kegiatan LDKO ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu dari tanggal 3-4 Desember 2022 di Villa Raju Lembang. Alasan HIMAKOM menyelenggarakan kegiatan LDKO ini adalah karena ingin membentuk karakter dari setiap anggotanya dalam hal kepemimpinan dan berpikir kritis dalam memecahkan suatu permasalahan. 

Kegiatan LDKO ini diadakan setiap 1 tahun sekali setelah penerimaan anggota baru HIMAKOM. Sebelum menuju ke tempat pelaksanaan LDKO, peserta berkumpul dengan kelompoknya terlebih dahulu di Kampus 1 Universitas Pasundan. Kelompok LDKO sendiri terdiri dari 21 Kelompok, yang setiap 2 kelompok itu di koordinasi oleh LO. Panitia LDKO sendiri terdiri dari SC, Divisi Acara, Divisi Logistik, Divisi Publikasi dan Dokumentasi, Divisi Konsumsi, Divisi Lapangan, Divisi Medis.

Rangkaian awal kegiatan dimulai dari loading panitia di Kampus 1 Universitas Pasundan pukul 05.00 WIB dengan menggunakan Pakaian Dinas Harian (PDH) untuk BPH dan kaos hitam menggunakan handban untuk panitianya. Lalu pada pukul 06.00 WIB peserta mulai hadir satu persatu dan berkumpul dengan teman sekelompoknya didampingi oleh LO nya masing – masing. 

Pada pukul 06.30 WIB seluruh peserta dikumpulkan di depan lobby FISIP UNPAS dan berbaris sesuai dengan kelompoknya masing-masing. Pada saat itu, dilakukannya briefing semua anggota dan panitia serta doa bersama menjelang keberangkatan menuju Villa Raju Lembang. Setelah melakukan doa, peserta diarahkan menuju kendaraannya masing-masing dan bersiap – siap berngkat menuju villa secara bersama-sama. 

Sesampainya di Villa, peserta diarahkan untuk baris terlebih dahulu untuk di cek setiap barang bawaanya lalu diarhkan menuju lapangan karena akan dimulai pembukaan. Pembukaan acara tersebut dimulai dari adanya pembacaan ayat suci aquran, sambutan, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Karatagan Paundan, sampai menuju acara inti yaitu pembekalan materi. Pembekalan materi iibuat seperti pos to pos, yang mana terdiri dari 5 pos yang masing-masing posnya memiliki temanya tersendiri.

Pada saat pelaksanaan pos to pos berlangsung, terjadi bencana alam gempa bumi yang mengakibatkan semua peserta LDKO menjadi panik dan tidak fokus. Alhasil kegiatan pos to pos ini di tunda terlebih dahulu. Kemudian acara dilanjut di dalam villa yaitu dengan sharing session dari demisioner HIMAKOM. Demisioner yang hadir dalam kegiatan LDKO ini dari mulai angkatan 2016-2019 yang membahas dari mulai self control, kepemimpinan, pengalaman selama ada di HIMAKOM dan lain sebagainya. Sharing Session berakhir pada pukul 23.00 WIB, peserta diarahkan untuk istirahat dan kegiatan akan dilanjut besok pagi. 

Keesokan harinya, seluruh peserta dibangunkan pada pukul 06.00 WIB karena aka ada kegiatan senam bersama di lapangan. Baju yang digunakan peserta adalah kaos berwarna putih dengan nametag yang dikalungkan, para peserta pun berbaris dengan rapih dan dipimpin oleh satu anggota untuk kegiatan senam pagi ini.

Setelah kegiatan senam selesai, dilanjut dengan game. Game sendiri terdiri dari 2 permainan diantaranya estafet sarung dan tebak gaya. Terlihat para peserta menikmati permainan yang diselenggarakan oleh panitia. Menjelang pukul 10.00 WIB anak anak sudah selesai bermain dan dilanjut dengan makan siang bersama yang disiapkan oleh divisi konsumsi.

Setelah makan siang berakhir, anak anak diberikan hiburan dengan memeriahkan acara LDKO ini dengan berkaroke bersama. Banyak anggota HIMAKOM mengeluakan isi hatinya dengan bersuara dan menyinyakan lagu galau.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline