Lihat ke Halaman Asli

Peranan Komunikasi dalam Kepemimpinan

Diperbarui: 24 Juli 2018   05:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

shutterstock

"Peranan Komunikasi Dalam Kepemimpinan"

Komunikasi merupakan salah satu cara penting dalam berinteraksi satu sama lain dengan team atau atasan dalam suatu perusahaan dan orginasasi, karena komunikasi adalah proses interaksi dalam suatu ruanglingkup internal maupun eksternal yang akan sangat berdampak bagi lingkungan tersebut.

Tanpa adanya komunikasi yang benar dan baik dapat mempersulit proses yang ada dalam ruanglingkup perusahaan atau organisasi yang nantinya akan menghambat rencana atau tujuan perusahaan, maka dari itu pentingnya berkomunikasi dengan baik dan benar sangat diperlukan dalam membantu perusahaan mencapai tujuannya tersebut.

Di dalam sebuah perusahaan atau orginasasi seorang pemimpin ialah sebagai komunikator antar sesama rekan dan bawahan disuatu perusahaan, karena sebagai pemimpin harus bisa berkomunikasi dengan baik dan benar kepada bawahannya. Seorang pemimpin harus bisa mempengaruhi bawahannya untuk membuat perubahan dalam mewujudkan visi dan misi perusahaan serta mencapai tujuan perusahaan. Dalam komunikasi diperlukan sedikitnya tiga unsur yaitu sumber (source), berita atau pesan (message), dan sasaran (destination).

Fungsi komunikasi kepemimpinan setidaknya terdiri dari empat bagian, pertama ada fungsi informatif, kedua ada fungsi regulatif, ketiga ada fungsi persuasif, dan keempat ada fungsi integratif. Berikut penjelasan secara singkat tentang empat fungsi komunikasi dalam kepemimpinan:

-Fungsi Informatif:

Organisasi dapat dipandang sebagai suatu sistem pemrosesan informasi (information-processing system), Maksudnya ialah informasi sangat dibutuhkan dalam suatu organisasi dan perusahaan. informasi yang tepat, banyak sumber, akurat dan tepat waktu sangat membantu dalam suatu organasisasi atau perusahaan menjalankan tugasnya. 

Sebagai contoh manager membutuhkan informasi tentang kebijakan informasi dan aturan dari perusahaan guna mengatasi hal hal yang tidak diinginkan seperti konflik.

 Sedangkan bawahan membutuhkan informasi informasi tentang job desk mereka, cara mengerjakan job desk mereka, aturan dalam pekerjaan, jaminan keamanan, jaminan sosial dan kesehatan, izin cuti.

-Fungsi Regulatif:

Fungsi regulatif dalam suatu organisasi atau perusahaan ialah terkait dengan regulasi atau peraturan-peraturan yang dibuat oleh suatu organisasi. Dan peraturan ini harus dipatuhi oleh seluruh anggota dan pemimpin dalam suatu organisasi demi menjaga sikap kedisplinan dalam organisasi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline