Lihat ke Halaman Asli

Azk4xx

Pelajar SMP

5 Agama Mayoritas di Dunia: Islam

Diperbarui: 30 November 2023   00:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Islam dimulai dari seorang lelaki mulia yang mengasingkan diri di sebuah gua di gurun Arab. Nama pria itu adalah Muhammad. Ia didatangioleh pembawa wahyu, malaikat Jibril, yang menyampaikan kepadanya perintah Allah, Tuhan yang disembah oleh Ibrahim. 

Selama beberapa tahun berikutnya, Muhammad menerima lebih banyak wahyu, yang dia hafal dan ajarkan kepada umatnya. Syair-syair yang dibacanya penuh dengan ungkapan-ungkapan bijak, ritme yang indah, dan metafora yang misterius. Tapi Muhammad adalah seorang pedagang, bukan seorang penyair. 

Banyak yang percaya bahwa ayat-ayat ini sebenarnya adalah Firman Tuhan, dan mereka yang mempercayainya menjadi Muslim pertama. “Muslim” artinya orang yang tunduk, artinya orang yang tunduk pada kehendak Tuhan. Umat Islam menjalankan lima kewajiban utama umat Islam yang dikenal dengan Rukun Islam, yaitu:

1. Membaca dengan lantang dua kalimat Syahadat: "Tidak ada Tuhan selain Allah, dan Muhammad adalah nabi terakhirnya";
2. Shalat, sembahyang lima waktu dalam sehari menghadap Mekkah;
3. Zakat, setiap Muslim wajib memberikan 2-3% harta bersih mereka kepada orang miskin;
4. Puasa, mereka berpuasa selama matahari di cakrawala sepanjang bulan Ramadhan untuk menguatkan keyakinan dan kepercayaan mereka pada Tuhan dan;
5. Haji, sekali seumur hidupnya, setiap Muslim yang mampu harus melakukan Haji ke kota suci Mekah, sebagai latihan sebelum mereka menghadap Tuhan untuk diadili di akhirat.

Perintah Tuhan, yang disampaikan pada Muhammad selama 23 tahun dikumpulkan dalam Al-Qur'an, yang secara harfiah berarti "yang dibaca." Muslim percaya bahwa Quran satu-satunya buku suci yang bebas dari perubahan manusia. Quran juga dipandang sebagai karya literatur terbaik dalam bahasa Arab. Islam adalah agama kedua terbesar di dunia, yang dianut oleh lebih dari 1,5 miliar Muslim di seluruh dunia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline