Lihat ke Halaman Asli

Rafi abubakar

Mahasiswa

Budaya Modern Jepang! Mahasiswa KKN Undip Melakukan Program Penyuluhan Terkait (Popular Culture) di Jepang

Diperbarui: 13 Februari 2023   11:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

BOYOLALI ( 01/24/2023) -- Mahasiswa Tim I Kuliah Kerja Nyata Universitas Diponegoro, Rafi Abu Bakar, melakukan program penyuluhan terkait Pop Culture atau Gaya hidup modern jepang. Popular Culture jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti budaya populer yang bisa disebut sebagai gaya hidup modern di Jepang. 

Gaya hidup modern di Jepang memiliki dampak yang baik terhadap kemajuan suatu bangsa karena sikap dan perilaku seseorang yang sudah dilatih. Murid sekolah merupakan generasi muda sebagai penerus bangsa yang harus memiliki keinginan kuat dalam kemajuan bangsanya.

Dilansir https://www.beritasatu.com ternyata Indonesia peringkat kedua setelah china dengan peminat belajar bahasa dan kebudayaan jepang. Hasil penelitian Japan Foundation pada 2012 menunjukkan, bahwa terdapat 872.406 masyarakat Indonesia yang berminat mempelajari bahasa Jepang melalui pendidikan formal maupun informal.  

Kemudian setelah melakukan survey ke SD-SD yang ada digenengsari mengamati dan mengobrol dengan anak-anak apakah mereka ada ketertarikan mengenai budaya jepang seperti anime film. 

Ternyata banyak dari mereka mengetahuinya dan tidak asing dengan sapaan "arigatou" Oleh karenanya Tujuan kegiatan ini dilakukan karena sebagai bentuk pengenalan bahasa serta Pop Culture Jepang serta upaya untuk meningkatkan  pengenalan jepang kepada anak-anak sd mengenai Pop Culture Modern negaranya yang harapannya dapat lebih kenal dengan negara matahari terbit tersebut yaitu jepang.

Adapun, edukasi dan penyuluhan presentasi yang dilakukaan berisi materi terkait pop culture jepang yaitu selalu tepat waktu lalu, kerja keras dan Sopan santun serta Aisatsu jepang ( Salam dasar bahasa jepang ) dan juga tulisan jepang katakana dan hiraganana. Dengan adanya program ini,  selain itu adanya tambahan berupa poster untuk diberikan kepada tiap kelas melalui bapak sugianto.  

Diharapakan anak-anak SD genengsari lebih mengenal Pop Culture jepang serta dapat mengembangkan sikap dan perilaku seseorang menjadi cukup efektif dan efesien dalam menjalankan keseharian terutama untuk tujuan hidup kedepan. Dan juga diharapkan dapat membantu generasi muda dalam memiliki sikap dan perilaku yang berkualitas demi masa depan Indonesia. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline