Lihat ke Halaman Asli

Bimo Rafandha

Blogger. Storyteller.

Ekosistem Digital Bank BRI Membuat UMKM Menjadi Naik Kelas

Diperbarui: 21 Desember 2022   10:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Koleksi Pribadi

Pernah nggak sih kalian pengin beli sesuatu dan yang pertama ada di pikiran kalian adalah membuka ponsel dan mulai searching-searching di marketplace atau aplikasi sejenis? Ya, kegiatan tersebut tidak dapat dipungkiri telah menjadi bagian dari diri kita. Ketika kita ingin membeli sebuah produk, kita cenderung mencari cara yang paling mudah yaitu membuka ponsel. Efektif dan efisien. Dari manapun dan kapanpun, produk tersebut akan terkirim ke rumah kita.

Hal inilah menjadi sebuah tantangan baru bagi para pelaku usaha saat ini: bagaimana mengembangkan sebuah usaha dan memasarkan produk secara luas. Jika dulu pola pemasaran tersebut hanya terbatas pada pola konvensional seperti dari mulut ke mulut, namun berbeda kenyataannya saat ini. Kemajuan teknologi tak dapat dipungkiri sudah jadi bagian dari gaya hidup masyarakat kita. Kemudahan mengakses semuanya secara digital menjadi celah baru bagi para pelaku usaha untuk beradaptasi dan berkembang, bukan untuk mati suri.

Faktanya, data dari Indonesian E-Commerce Association (idEA) hingga bulan Oktober 2022 mencatat UMKM yang terlah menerapkan pola digital ini mencapai 20.5 juta. Jika dilihat secara kasat mata, jumlah ini cukup besar mengingat target UMKM yang terdigitalisasi hingga 2024 mencapat 30 juta UMKM.

Nah untuk itulah, Bank BRI memberikan beragam pelayanan produk digital yang tergabung dalam sebuah ekosistem yang dapat diakses oleh semua pelaku UMKM sehingga memudahkan pengembangan dan pemasaran produk mereka. Produk-produk itu meliputi:

1. Indonesian Mall, Semua Ada Di Sini

Pernah membayangkan bahwa produk UMKM kalian dapat dibeli di seluruh Indonesia bahkan ke luar negeri? Nah, pada 2019 lalu, Bank BRI meluncurkan ekosistem digital pertama bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah untuk memperluas usaha mereka dengan menyediakan sebuah platform digital bernama Indonesia Mall. Seperti namanya, 'mal' digital ini berisi produk-produk UMKM yang telah dikurasi oleh Bank BRI dan bekerjasama dengan beberapa e commerce di Indonesia dan ASEAN. Cara yang Bank BRI tawarkan pun terbilang muda(H) karena para pelaku UMKM hanya cukup mendaftarkan di website-nya saja. Dan voila, pelaku UMKM dapat berinteraksi langsung dengan pembeli.

Langkah Bank BRI ini patut diacungi jempol sebab akses penjualan bagi UMKM menjadi lebih luas. Ekosistem digital ini menjadi penanda bahwa transformasi Bank BRI terus berjalan seiring dengan arah perkembangan zaman.

2. Pasar Id, Ketika Berbelanja Kebutuhan Rumah Hanya Satu Kali Klik

Ekosistem digital yang kedua dan patut diapresiasi adalah penyediaan platform pasar.id dari Bank BRI. Ketika pandemi menyerang, Bank BRI dengan cepat tanggap langsung beradaptasi dengan menyajikan sebuah platform daring bagi para pedagang pasar, pelaku UMKM, dan pembeli untuk berinteraksi langsung tanpa tatap muka. Aktivitas perdagangan secara virtual inilah yang menjadi napas baru bagi pelaku UMKM untuk terus dapat melakukan proses jual beli. Dengan implementasi ini, ketika movement dari masyarakat terbatas karena pandemi maka kekhawatiran tersebut dapat ditepis dan kebutuhan dapat tetap terlayani hanya dalam satu kali klik.

3. Bank BRIlianpreneur, Pencetak Pelaku UMKM Go Export Melalui Pameran Virtual

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline