Lihat ke Halaman Asli

Rafasya PutraYudha

Anggota Kleas Jurnais Cilik 6

Perayaan 15th Kompasiana bersama KAI Commuter dan Kelas Jurnalis Cilik

Diperbarui: 5 September 2023   23:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Dalam rangka perayaan ulang tahun yang ke-15, Kompasiana dan KAI commuter line mengadakan event "KAI Commuter Fun Journey 2023" bersama Kelas Jurnalis Cilik. Dalam perayaan ini Kompasiana telah membuka kesempatan bagi para pengguna Commuter line yang telah memiliki anak untuk menjadi peserta dalam kegiatan ini, yang kemudian akan diseleksi dan menjadi bagian dari Commuter Parenting.

Setelah diseleksi, telah terdapat 30 peserta. Dimana 15 peserta dari Commuter Parenting dan 15 Pesertanya lagi dari Kelas Jurnalis Cilik, dari keduanya masing-masing peserta membawa anaknya masing-masing untuk ikut serta dalam kegiatan. Namanya juga "Fun Journey", sudah pasti acaranya sangat seru dan juga meriah. Disini para peserta akan mengikuti berbagai challenges dan games yang seru banget.

Awal mula kegiatan, semua peserta berkumpul di Stasiun Kotauntuk melakukan pembukaan acara. Setelah itu para peserta diminta untuk menemukan 4 box misteri yang berisi challenges yang akan dilakukan. Setelah 4 box itu ditemukan, peserta lanjut mengikuti 4 challenges, yaitu:

  • Peserta mengambil foto pada saat anak membuang sampah pada tempatnya sebagai bentuk menjaga dan peduli akan lingkungan.
  • Peserta mengambil foto spot favorit anak didalam wilayah Stasiun Kota.
  • Peserta berfoto dengan petugas KAI yang telah ditentukan.
  • Peserta menerapkan cara untuk tap-in agar dapat menaiki kereta.

Dari Stasiun Kota, para peserta langsung beralih menuju Stasiun Manggarai untuk transit menggunakan KRL. Didalam KRL, semua peserta diberikan penyuluhan dan edukasi mengenai hal-hal pada saat dikereta. Tak hanya itu, disini juga peserta bisa melihat pemandangan gedung-gedung tinggi dan juga polusi yang sedang terjadi di Jakarta.

Sesampainya dimanggarai, peserta diberi kesempatan untuk menaiki kereta bandara menuju ke Stasiun BNI City. Sesampainya di Stasiun BNI City, peserta kembali diminta untuk mencari box misteri. Setelah peserta menemukan box misteri, challenges berikutnya pun dimulai. Challenges berikutnya, yaitu:

  • Peserta mengambil foto anak diatas eskalator.
  • Peserta mengambil foto anak pada saat menggunakan vending machine.

Setelah challenges selesai, dilanjut dengan games yang gak kalah serunya. Pada saat peserta selesai dengan challenges, Kelas Jurnalis Cilik pun langsung berbincang-bincang dengan Direktur Utama PT KAI Commutter seputar dunia perkeretaan di Indonesia, mulai dari jenis-jenis kereta yang, perbedaan masing-masing kereta, bahkan keistimewahan setiap kereta sekaligus memberi sambutan. Dilanjut dengan sambutan dari CEO Kompasiana.

Kemudian berlanjut dengan Games yaitu bermain tebak gambar tentang hal-hal yang ada di kereta, dan yang menang mendapatkan hadiah baju dengan gambar yang sangat bagus. Setelah games selesai, dilanjut dengan melakukan ishoma. Seperti itulah keseruan di "KAI Comutter Fun Journey 2023".




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline