Lihat ke Halaman Asli

Zuh Rafal Ummi

Guru IPA SMPN 1 Empang

Koneksi antar Materi-Modul 1.2

Diperbarui: 12 September 2023   18:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Setelah saya mengikuti CGP (Calon Guru Penggerak) angkatan 9, sejauh ini hal-hal baru yang saya pelajari adalah modul 1.1 membahas tentang filosofi Ki Hajar Dewantara, dan modul 1.2 membahas tentang nilai-nilai dan peran guru penggerak. Berikut ini hal-hal yang menjadi pembelajaran bagi saya, yang coba saya refleksikan dengan model 4P, yaitu:

1. PERISTIWA

 Momen atau peristiwa yang paling menantang/penting/mencerahkan bagi saya dalam proses modul 1.1 hingga modul 1.2 adalah bagaimana cara saya membangun nilai-nilai dan peran saya sebagai guru penggerak, yaitu 1) mengasah kemampuan saya dalam bekerja sama (kolaboratif) dengan seluruh civitas akademik, orang tua dan juga masyarakat untuk mencapai tujuan pembelajaran yang berkesinambungan. 2) memberikan pemahaman kepada diri saya, bahwa setiap hal yang saya lakukan perlu adanya umpan balik (reflektif) sehingga saya memiliki keyakinan apa yang sudah saya lakukan berhasil atau tidak, sehingga dibutuhkan tindak lanjut atau perbaikan untuk kedepannya. 3) Dalam menjalankan tugas saya sebagai guru, tentunya saya ingin pembelajaran saya mengesankan dan menyenangkan. Hal yang perlu saya lakukan adalah membuat inovasi-inovasi yang selaras dengan kodrat zaman. 

4) Untuk melaksanakan pembelajaran inovatif tentunya saya membutuhkan ilmu-ilmu yang up to date dengan perubahan zaman, caranya adalah saya harus mampu untuk menggerakkan diri saya secara mandiri. 5) Pembelajaran berpusat pada siswa, dimana hal tersebut melibatkan 4 nilai lainnya dimana guru harus mampu berkolaborasi dengan siswa untuk menciptakan pembelajaran yang berpusat pada siswa yang mana guru berperan sebagai fasilitator, guru menuntun siswa untuk mandiri dalam memecahkan masalah melalui percobaan, literasi, dan kerja kelompok, dan guru perlu menyediakan media yang inovatif agar kegiatan pembelajaran tidak monoton dan membosankan. 

Kaitan antara modul 1.1 dengan modul 1.2? 

Modul 1.1 dan modul 1.2 memiliki kaitan yang sangat erat, yang mana modul 1.1 berbicara tentang pendidikan di Indonesia berdasarkan filosofi KHD dan modul 1.2 membahas tentang bagaimana filosofi KHD mempengaruhi nilai-nilai dan peran seorang guru penggerak. 

2. PERASAAN

Saat peristiwa itu terjadi saya merasa antusias dan bahagia, karena ketika mempelajari hal tersebut saya tidak sendiri. Saya bersama dengan teman-teman yang hebat, didampingi oleh Pengajar Praktik (PP), Fasilitator dan instruktur dengan sistem dan juga program yang terstruktur dan menggunakan aplikasi-aplikasi kekinian yang menunjang kegiatan CGP tersebut. 

3. PEMBELAJARAN

Sebelum peristiwa terjadi saya berpikir bahwa saya sudah cukup baik terutama dalam proses kegiatan belajar mengajar, mengelola emosi dan lain sebagainya. Namun sekarang saya berpikir bahwa apa yang saya lakukan masih jauh dari kata sempurna dan masih perlu dan terus belajar. 

4. PENERAPAN KE DEPAN (RENCANA) 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline