Lihat ke Halaman Asli

Rafa Amara Dewi

Mahasiswa Ilmu Ekonomi dan Keuangan Islam

Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembuatan Tugas

Diperbarui: 12 Februari 2022   15:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang semula dilakukan secara daring atau online, kini perlahan sudah mulai dilakukan secara luring kembali. Seperti yang dilakukan oleh SMPN 12 Bandung yang sudah menerapkan sistem PTM (Pembelajaran Tatap Muka) dalam kegiatan KBMnya. 

Dibalik musibah datangnya pandemi di tahun 2020 yang lalu, terdapat hikmah yang dapat diambil yakni perkembangan media digital yang sangat pesat. Hal ini dikarenakan, kegiatan belajar yang harus dilakukan secara online, sehingga media digital adalah jalan keluarnya. Hal ini membuat anak-anak dan orang tua terpaksa harus lebih mengerti atau "melek" dalam menggunakan media digital. Seperti zoom, google meet, kahoot, dan lain sebagainya.

Salah satu aplikasi yang sangat tren dan digemari oleh kalangan pelajar saat ini adalah Canva. Aplikasi yang berasal dari Australia ini mendapat respon yang sangat positif dari pelajar Indonesia. Hal ini dikarenakan Canva merupakan aplikasi desain grafis yang dapat memudahkan penggunanya untuk membuat berbagai macam desain kreatif secara cepat. Dengan Canva, para pelajar dapat dengan mudah membuat tugas apapun, mulai dari tugas membuat Powerpoint, poster, bahkan video pendek untuk Instagram. Dengan berbagai macam template aesthethic yang tersedia di Canva, siapapun dapat membuat desain yang rapi dan juga menarik.

Dengan memperkenalkan dan mempraktikkan langsung aplikasi Canva ini kepada siswa-siswi di SMPN 12 Bandung, diharapkan siswa dapat dengan mudah mengerjakan berbagai macam tugas yang harus dibuat. Selain itu, Canva juga dapat meningkatkan kreativitas dari para siswa SMPN 12 Bandung




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline