Lihat ke Halaman Asli

RAEKHAN ARI

Universitas Muhammadiyah Malang

Pemberdayaan LKSA Sahabat Mentari dalam Semarak Literasi Al Quran dan Pengembangan Pengetahuan Pendidikan

Diperbarui: 3 April 2023   21:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pemberdayaan pada LKSA Sahabat Mentari dalam Semarak Literasi Al Quran dan Pengembangan Pengetahuan Pendidikan di Masa Pandemi Covid 19 oleh PMM UMM Kel 75 Gel 03

Penyebaran virus covid-19 ini semakin luas diakibatkannya kurang disiplin masyarakat Indonesia dengan protokol kesehatan yang telah dihimbau oleh pemerintah. Masa pandemi Covid-19 seperti saat ini memberikan banyak masalah di kehidupan masyarakat, karena banyaknya aktivitas yang harus dibatasi atau penerapan social distancing (pembatasan sosial), menimbulkan banyak keluhan dari masyarakat dari berbagai aspek. 

Pada aspek pendidikan, penerapan ini memberikan dampak terhadap aktivitas pembelajaran. Seluruh sekolah diliburkan karena tidak dapat melakukan aktivitas pembelajaran di sekolah seperti biasanya, karena seluruh kegiatan pembelajaran dilakukan menggunakan sistem daring atau online sehingga mewajibkan siswanya untuk dapat mengakses internet untuk tetap berlangsungnya pembelajaran. 

Tugas kita dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk membagi keilmuan yang kita miliki kepada masyarakat dan membantu mengatasi masalah-masalah tersebut dengan melakukan kegiatan berupa pendampingan belajar anak-anak. 

Kam ijuga akan memberikan sosialisasi mengenai cara hidup sehat di masa pandemi dan juga akan mengadakan ice breaking untuk meningkatkan kreatifitas anak-anak Sekolah Dasar. Pada aspek kesehatan faktor utama yang menyebabkan banyaknya orang yang terjangkit Virus Covid-19 ini adalah dari pola hidup yang kurang menjaga kebersihan dan kesehatan diri. Kedua hal ini harus tetap dijaga karena Virus Covid-19 akan dengan mudah menyerang jika tidak menjaga diri.

Anak-anak LKSA Sahabat Mentari merupakan sebagian dari jutaan anak di indonesia yang pendidikan yang selama ini terdampak covid-19. LKSA Sahabat Mentari ini mengasuh anak dengan rentang umur berbagai macam. sebagian besar berusia 4-5 tahun. Selama pembelajaran daring ini, tentu saja hasil yang didapat berbeda dengan pembelajaran luring.

Ada beberapa bagian dari materi yang disampaikan guru tidak dapat dipahami jika hanya menatap layar monitor. Anak-anak merasa jenuh jika pembelajaran dilakukan di depan laptopsecara terus-menerus dibanding dengan pembelajaran luring. 

Oleh karena itu, kami selaku bagian dari elemen masyarakat ingin mengabdi melalui pengabdian masyarakat oleh mahasiswa ini untuk membantu anak-anak di LKSA Sahabat Mentari dalam hal pendidikan,

Selain di bidang pendidikan, hal lain yang perlu diperhatikan adalah di bidang kesehatan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline