Lihat ke Halaman Asli

Raesita Dien

@raesitadien

Review Jujur Film Korea "The Call" 2020: Greget Sama Protagonisnya?

Diperbarui: 19 Juli 2023   19:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.netflix.com/id/title/81342505

"The Call" (2020) adalah film thriller Korea yang dirilis pada tahun 2020 yang disutradarai oleh Lee Chung Hyeon. 

Film ini menyajikan konsep perjalanan waktu dan dampak yang dapat ditimbulkan oleh perubahan masa lalu di masa kini. Plot mengisahkan tokoh Seo-Yeon (Park Shin-hye) dan Young Sook (Jeon Jong Seo) yang hidup dalam periode waktu yang berbeda tetapi dapat berkomunikasi satu sama lain melalui panggilan telepon. 

Pada awalnya, karena keterhubungan antar-masa, keduanya mencoba untuk mengubah nasib buruk satu sama lain, yang mengakibatkan mereka sama-sama terjerat dalam serangkaian peristiwa yang intens dan tidak dapat diprediksi. 

Salah satu aspek yang banyak diapresiasi dalam  film "The Call" yaitu dari segi akting. 

Jeon Jong-seo yang memerankan pelaku pembunuhan menonjol dengan penggambaran karakternya yang kompleks, cerdas, dan misterius. Membuat para penonton mempertanyakan posisinya sebagai tokoh baik atau antagonis karena di awal cerita, pemeran ibunya-lah yang disoroti kesan buruknya. Namun di pertengahan hingga akhir, aura yang ia tampilkan sebagai Young Sook begitu kuat dibantu dengan sisi aneh-penuh misteri yang sudah ditunjukkan sejak awal kemunculan.

Di sisi lain, Park Shin-Hye  berhasil memerankan karakter Seo-Yeon sebagai tokoh utama yang membuat penonton greget karena karakternya yang naif, rentan, dan tidak memiliki rencana yang bagus-bagus amat untuk menggulingkan Young Sook. Yah, sebenarnya dari awal ia tidak perlu meminta konfirmasi Young-Sook mengenai pembunuhan yang ia lakukan terhadap penjual stroberi karena tanpa ba-bi-bu, Young-Sook langsung meminta info barang bukti apa yang ditemukan pihak polisi, tapi--ya sudahlah. Kalau tidak begitu, plot tidak akan seru :)

Dengan menghadirkan tokoh antagonis menyeramkan dan protagonis yang tidak bisa terlalu diharapkan, film ini pun berhasil membuat penonton berharap pada keajaiban. Harapan itu muncul dengan kehadiran tokoh ibu Seo-Yeon di penghujung cerita. Sampai akhirnya harapan itu juga musnah dan penonton hanya bisa tersenyum tulus.

Penonton yang terlibat fokus tentu ingin tahu tentang apa yang akan terjadi selanjutnya sepanjang alur berjalan. Scene dipaparkan mondar-mandir antara masa lalu dan masa depan sehingga ketegangan naratif begitu kentara. Namun, beberapa penonton menganggap elemen plot ini membingungkan atau terlalu berbelit-belit. 

Selain itu, penjelasan yang diberikan untuk mekanisme perjalanan waktu mungkin menyisakan pertanyaan yang tak terjawab bagi sebagian penonton sehingga memunculkan berbagai paradoks akan keterhubungan peristiwa pada kedua waktu yang dibahas.

Secara keseluruhan, "The Call" menawarkan premis yang menarik, penampilan akting yang solid, dan pengalaman menonton yang memikat bagi para penggemar genre thriller dan suspense. Film ini tentu layak ditonton apalagi kalau kamu menikmati film tentang perjalanan waktu diliputi perubahan nasib. Sebuah film dengan cerita yang berlika-liku dan tak terduga! 7/10




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline