Lihat ke Halaman Asli

Radyastuti

Meliora Cogito

Bukan Hanya Hashtag Juga Sound, Ini 6 Cara yang Benar agar Konten Bisnis Kamu FYP di TikTok!

Diperbarui: 8 April 2023   15:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Source: https://ppc.land/content

Bagi kalian para content creator ataupun pebisnis yang mengandalkan promosi melalui TikTok, video masuk FYP (For Your Page) pastinya menjadi sebuah keharusan bila ingin meningkatkan engagement dan exposure diri/bisnis apapun yang kamu jalankan. Karenanya sangat penting bagi kamu untuk teliti memerhatikan aspek apa saja yang bisa membantu kontenmu menjadi fyp. Bukan hanya hashtag dan sound, tapi ada beberapa metrics penting lainnya yang juga harus kamu perhatikan agar konten kamu fyp di TikTok.

Seperti yang sudah kita ketahui, algorithm TikTok mungkin terasa lebih susah ditelaah dibandingkan social media lainnya. Karenanya untuk bertempur dengan jutaan creator dan pebisnis yang memanfaatkan TikTok, kamu perlu strategi khusus untuk terus bisa masuk FYP. Berikut ini ada 5 cara yang benar agar konten kamu bisa FYP di TikTok.

Paham Cara Kerja Fitur FYP

Sebelum berbicara teknis, kamu perlu paham cara kerja fitur FYP dan bagaimana cara membaca insight TikTok yang benar agar tidak salah mengatur strategi.

FYP sendiri merupakan salah satu fitur yang diatur oleh TikTok untuk membantu para penggunanya lebih mudah ditemukan oleh pengguna lain (selanjutnya saya sebut sebagai target audience) berdasarkan kontribusi kita terhadap platform TikTok. Apa maksudnya kontribusi disini?

Sebagai social media gratis, TikTok tentu sudah sangat untung dengan mendapatkan jutaan data para penggunanya saat registrasi / membuat akun pertama kali. Tapi apa itu semua cukup? Tentu aja masih belum, hehehe. Kita harus terlihat sangat berkontribusi dalam penggunaannya. Secara singkat, kalau kamu tidak rutin upload konten dan berinteraksi di TikTok, jangan harap kontenmu akan sering FYP.

Adalah sebuah kekeliruan kalau kontribusi yang mungkin sering kita baca di artikel-artikel atau press rilis TikTok, dipahami sebagai kontribusi target audience sehingga konten kita dianggap 'layak' masuk ke FYP mereka. Karena baik kamu atau target audience, semuanya harus saling menunjukkan kontribusi. Berapa persen kontribusi masing-masing yang harus dicapai kedua belah pihak agar konten bisa masuk FYP? Jawabannya masih menjadi misteri, sesuai dengan klaim TikTok bahwa fitur FYP dirancang sedemikian rupa untuk memastikan setiap penggunanya mendapatkan konten yang benar-benar relevan dan unik satu sama lain.

Kabar baiknya, kamu tetap bisa memaksimalkan usaha internal (diri sendiri) agar konten kamu bisa terus FYP dengan memastikan terus berkontribusi terhadap TikTok. 

Tapi bagaimana kamu tahu seberapa besar kontribusimu terhadap TikTok hingga konten-kontenmu bisa diprioritaskan untuk FYP?

Analisa Insight TikTok dengan Benar

Metrics apa menurutmu yang paling penting saat menganalisis performance TikTok?

Pada dasarnya, banyak diantara kita yang masih bingung bagaimana cara membaca insight TikTok yang paling mendekati benar. Kenapa saya bilang paling mendekati benar? Karena bagi saya data memang variasi yang ajeg namun bisa menjadi berbeda maknanya bergantung dari bagaimana kita memanfaatkannya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline