Lihat ke Halaman Asli

Radex Nugraho

Penulis, Peternak Lebah, Pelajar Mandarin, Pecinta Anjing, Akupunturis, Pekebun, Warga Kota Salatiga dan pemilik lapak Tokopedia dengan ID "Amanah Raja"

Software Kamus Mandarin Elektronik

Diperbarui: 16 Juli 2019   10:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dahulu orang belajar mandarin dengan menggunakan buku kamus, kemana mana akan pergi dengan kamus yang lusuh. Semakin lusuh semakin pintar (katanya), karena kamus tersebut sering dibaca.


Jaman berganti jaman, sekarang jaman milenial, hendak belajar apapun sudah tidak dengan buku, tapi dengan handphone.
Ada beberapa software kamus untuk belajar mandarin, sebagian besar orang menggunakan pleco, dan sebagian besar lainnya menggunakan hanping.

Software hanping ini baik untuk belajar mandarin, mirip dengan pleco , dengan kelemahannya adalah tidak ada bahasa indonesia didalamnya. Hanya terdapat mandarin ke inggris atau inggris ke mandarin.

Untuk itu saya mencoba membuat catatan arti bahasa indonesia sebagian besar halaman hsk 5 dan 6 pada kamus ini sehingga kita bisa mengerti artinya didalam bahasa indonesia.

Berikut saya sertakan halaman artikel pemasangan apps kamus mandarin  hanping dan catatan bahasa indonesianya untuk HSK 5 dan 6. Semoga penggunaan kamus hanping ini dapat bermanfaat dan mendukung perkembangan kemajuan pembelajaran bahasa mandarin anak anak putra dan putri ibu pertiwi kita ini, Indonesia.

Sumber gambar disini

Silahkan klik link download berikut disini untuk mendapatkan petunjuk instalasi software hanping dengan catatan berbahasa indonesia untuk kosakata hsk 5 dan 6.


Sekian dari saya, semoga bermanfaat




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline