Lihat ke Halaman Asli

Berbagai Istilah dalam Dunia Wibu

Diperbarui: 24 Agustus 2023   13:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tatapan mata dalam dunia Anime | Sumber: lifecounts.io

Apa yang pertama kali terlintas di pikiran kalian saat mendengar kata "Wibu"? Orang penikmat budaya Jepang, Orang penikmat tradisi Jepang, atau mungkin Orang yang suka nonton Animasi Jepang? Yaa, kata Wibu erat kaitannya dengan beberapa hobi tersebut.

Dalam dunia Wibu, banyak istilah dan kata-kata asing yang hanya dimengerti oleh orang yang benar-benar sudah paham seluk-beluk dunia Jejepangan seperti itu. Biasanya, istilah-istilah Wibu banyak yang menggunakan kata-kata dengan menggunakan bahasa Jepang. Lantas, Orang awam yang tidak terlalu mengerti Bahasa Jepang akan kurang mengerti arti istilah yang ada dalam dunia perwibuan.

Mungkin istilah-istilah di bawah ini sudah pernah ada yang dengar namun belum terlalu paham artinya. Penasaran apa saja istilah yang ada dalam dunia Wibu? Simak daftarnya di bawah ini.

- Anime

Anime merupakan salah satu "unsur pembangun" minat seseorang untuk mulai menyukai dunia Jejepangan. Anime sendiri merupakan animasi buatan Jepang yang banyak diproduksi dengan menggunakan gambar tangan atau komputer, kemudian ditayangkan dalam beberapa Episode. Banyaknya genre dan tema yang menarik, membuat orang yang menonton nya merasa ketagihan dan ingin mengikuti cerita Anime nya hingga tamat.

- Manga

Manga merupakan komik buatan Jepang yang digambar seperti komik biasa pada umumnya. Manga sendiri banyak diterbitkan oleh para penulis terkenal di Jepang. Manga yang sudah cukup populer dan banyak penggemar nya, biasanya akan diadaptasi ke dalam bentuk Anime.

- Otaku

Otaku merupakan sebuah sebutan untuk orang yang benar-benar menyukai atau menekuni suatu hobi tertentu. Dalam dunia Wibu, istilah Otaku banyak diberikan kepada orang yang menekuni hobi seputar Jejepangan, contohnya nonton Anime saja. Berbeda istilah dengan Wibu yang lebih mengarah kecintaan pada budaya Jepang secara berlebihan, Otaku sendiri hanya sekedar menyukai hal berbau Jepang, tapi tidak sampai mengikuti kebudayaan Jepang berlebihan.

- Cosplay

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline