Lihat ke Halaman Asli

Cashless System: Membuat Milenial Jadi Lebih Boros?

Diperbarui: 24 Februari 2023   14:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Seiring dengan perkembangan teknologi, cara pembayaran cashless atau nontunai semakin banyak digunakan oleh masyarakat. Sistem pembayaran ini banyak dipilih karena memiliki banyak keuntungan dan membuat hidup menjadi lebih simpel. Namun bagaikan pisau bermata dua, cashless ternyata juga membawa pengaruh negatif karena dianggap.membuat masyarakat jadi lebih boros. Benarkah demikian?

Apa itu Sistem Cashless?

Cashless adalah sistem pembayaran yang dilakukan tanpa melibatkan uang tunai atau uang fisik. Cara ini mengacu pada pembayaran dalam bentuk digital.

Sistem pembayaran ini muncul karena dipicu oleh faktor-faktor tertentu, seperti biaya penerbitan, perawatan, dan distribusi dari uang tunai. Selain itu, muncul pula kesadaran akan potensi kecurangan dan kejahatan dari keterlibatan uang tunai dalam transaksi.

Keberadaan cashless pada dasarnya dapat mempermudah tugas pemerintah dalam mengelola dan mengawasi transaksi dari kegiatan ekonomi masyarakatnya. Terlebih, sistem elektronik memungkinkan akses ke laporan-laporan transaksi dan perdagangan ekonomi dengan mudah.

Tidak adanya keterlibatan yang fisik, sistem cashless nyatanya mampu mengurangi kemungkinan terjadinya korupsi dan kolusi di antara pihak-pihak yang melakukan transaksi. Manfaat ini dapat membantu mengawasi transaksi tertentu, seperti transaksi yang berkaitan dengan pelayanan publik.

Keunggulan dan Kekurangan Cashless

Seperti yang sudah disebutkan, cashless sebagai fenomena di era sekarang ini merupakan penggambaran dari pisau bermata dua. Tidak hanya membawa banyak kemudahan dan manfaat bagi masyarakat, sistem ini nyatanya juga memiliki kekurangan yang perlu diwaspadai.

Keunggulan Sistem Cashless

Berikut adalah beberapa keunggulan dari sistem cashless.

1. Transaksi Lebih Praktis

Keunggulan utama yang membuat sistem cashless banyak digunakan adalah kemudahan dalam melakukan pembayaran. Anda tidak perlu repot-repot membawa banyak uang jika ingin bertransaksi dalam jumlah besar. Transaksi pun dapat dilakukan dengan cepat dan aman.

2. Banyak Promo Menarik

Untuk meningkatkan generasi cashless, setiap platform pun berlomba-lomba menawarkan promo yang menarik. Banyaknya promo yang ditawarkan dapat memudahkan Anda untuk memilih pembelian apa yang lebih menguntungkan. Dengan demikian, Anda dapat menghemat uang dalam berbelanja.  

3. Memudahkan Pengelolaan Keuangan

Pengelolaan keuangan terkadang menjadi hal yang membingungkan karena Anda kerap lupa transaksi apa saja yang telah dilakukan. Namun dengan sistem cashless, Anda tidak perlu khawatir lagi tentang ini. Setiap transaksi akan tercatat dengan baik pada sistem tersebut sehingga Anda dapat lebih mudah dalam mengatur keuangan. 

4. Meminimalisir Risiko Kejahatan

Membawa uang tunai dalam jumlah banyak tentunya akan membuat kita cemas akan ancaman kejahatan yang menghampiri. Dengan sistem cashless, Anda tidak perlu lagi cemas menghadapi hal tersebut. Uang yang Anda miliki akan tersimpan dengan aman dan dapat digunakan dengan praktis. Selain risiko pencurian, metode cashless juga membantu Anda menghindari kejahatan pengedaran uang palsu dalam bertransaksi.

5. Mengurangi Risiko Kehilangan Uang

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline