Lihat ke Halaman Asli

Dailinar Utomo

pemerhati pikiran

Pertanyaan untuk Pemimpin Perusahaan Hari Ini

Diperbarui: 6 Desember 2021   15:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Jika anda seorang pemimpin di perusahaan, atau masih menjadi kandidat pemimpin, luangkan waktu sejenak untuk bertanya pada diri sendiri :

Apakah saya mengerti budaya perusahaan yang sebenarnya? Lantas apakah saya peduli? 

Budaya perusahaan sering menjadi jargon kosong, dibuat dengan analisa internal maupuan eksternal, hanya baik ketika dibaca, tetapi implementasinya terkadang payah. Sebagai pemimpin tentu idealnya harus mau memahami dan peduli dengan kondisi yang ada.

Apakah saya adalah pemimpin yang menjadi teladan dalam pikiran, tingkah laku dan perkataan?

Pemimpin adalah jabatan yang secara struktur akan mampu membawa dampak perubahan lebih luas. Kekurangan yang ada pada implementasi budaya perusahaan, bisa di eleminasi dengan teladan yang baik oleh pemimpin. Peran leadership menjadi sangat penting. Pertama yang harus dibangun adalah kesiapan individu menjadi pemimpin, perusahaan baiknya mulai 'investasi' leader dari pelatihan yang memberikan pemahaman tentang kepemimpinan.

Apakah saya merasa perlu untuk mengubah budaya perusahaan yang kurang sesuai?

Jika sudah mengerti budaya sebenarnya, mengerti bagaimana harusnya bertindak sebagai pemimpin, maka ini merupakan pertanyaan akhir dari 2 pertanyaan sebelumnya. Perubahaan di organisasi perusahaan hanya akan langsam apabila di mulai dari pemimpin.

Jika ada jawaban 'Tidak' pada salah satu dari 3 pertanyaan tersebut, maka anda mungkin tidak berniat atau tidak diperhitungkan menjadi bagian dari masa depan perusahaan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline