Lihat ke Halaman Asli

Bagaimana Orang Kristen Seharusnya Menyikapi Euthanasia?

Diperbarui: 16 Oktober 2022   15:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Bagaimana Orang Kristen Seharusnya Menyikapi Eutanasia?

 Sebagai manusia, kita sering kali diperhadapkan dengan berbagai masalah kehidupan; masalah ekonomi, masalah pendidikan, kesehatan, politik, tradisi, etika, dan ribuan masalah lainnya.  Salah satu masalah dalam ranah etika adalah Eutanasia. Apa itu?

Definisi Euthanasia

Secara singkat, Eutanasia adalah permintaan manusia untuk mengakhiri hidupnya. Istilah "eutanasia" berasal dari bahasa Yunani, yaitu eu (baik) dan thanatos (kematian). Secara harfiah, eutanasia berarti mati dengan enak (Henk ten Napel, Kamus Teologia, 130). John Stott mendefinisikan eutanasia sebagai "pembunuhan yang dilakukan secara sengaja dengan tindakan atau pembiaran, terhadap seseoorang yang hidupnnya tidak layak lagi" (John Stott, Isu-isu Global, 468). 

Bisa dikatakan itu sebuah bentuk pembunuhan. Eutanasia adalah sebuah pembunuhan karena rasa kasihan, yang terjadi entah sebagai "kematian atas permohonan sendiri" (eutanasia sukarela) atau "kematian atas permohonan/keputusan orang lain" (eutanasia non-sukarela) sebab pasien tidak mampu mengajukan sendiri.

Beberapa kasus eutanasia dilatarbelakangi oleh masalah ekonomi. Karena tidak memiliki uang, sedangkan umurnya sudah lanjut, pasien memohon untuk meninggalkan dunia untuk selamanya dengan cara yang enak. 

Dengan persetujuan keluarga (kalau ada) atau dokter, orang tersebut mengonsumsi obat tertentu, atau disuntik mati, sehingga penderitaannya berakhir.

Ada pula kasus di mana eutanasia diajukan oleh seorang yang berpenyakit ganas atau tidak ada obatnya. Pengajuan eutanasia sempat meningkat pada waktu AIDS merebak beberapa belas tahun lalu, dan belum ditemukannya obat retroviral.

Banyak orang menyuarakan perlunya euthanasia. Alasan utama mereka adalah supaya pasien bisa lepas dari rasa sakit, atau aib, yang membelenggu dirinya. Namun, alasan ini senantiasa bertentangan dengan penghargaan terhadap kehidupan. Bila hidup adalah karunia dari Pencipta, bolehkah ciptaan mendahului keputusan Pencipta dengan memutuskan nywanya sendiri? Bagaimana orang Kristen menyikapi persoalan ini secara etika?

 Etika Kristen menyikapi Eutanasia 

Memang, telah menjadi suatu kebenaran alkitabiah yang mendasar bahwa Allah sudah menciptakan kita sebagai mahluk yang rasiaonal dan memilik kehendak atau kesukarelaan "Free will". Dengan demikian, kita mempunyai pemikiran kehendak pribadi, kehendak sendiri yang diberikan oleh Allah. Namun, hak-hak ini didasarkan oleh kemauan Allah. Ia mau supanya kita memilih sesuai dengan kehendaknya. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline