Lihat ke Halaman Asli

radiansyah

Radiansyah

Mengenal Sistem Operasi Chrome OS yang Digunakan pada Laptop Merah Putih

Diperbarui: 31 Juli 2021   01:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mendorong  produksi Laptop dengan nama Laptop Merah Putih.

Laptop Merah Putih tersebut melalui pembentukan konsorsium  4 perguruan tinggi dalam negeri diantaranya Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Universitas Indonesia (UI).

Netizen pun  menyoroti spesifikasi Laptop  Merah Putih tersebut, salah satunya adalah  dengan menggunakan Sistem Operasi milik Google yaitu  Chorme OS, dan tidak memakan Sistem Operasi pada  umumnya yaitu Windows atau Mac-os.

Sebagaimana dilansir dari Android Authority Chrome OS adalah sebuah sistem operasi yang diluncurkan oleh Google pada Tahun 2011 dan dapat mempunyai keuntungan dapat akses ke Google Play Store.Artinya sebagian besar aplikasi yang didownload  di ponsel Android dapat juga digunakan pada Chorme
OS.

Namun, Perlu diingat tidak semua aplikasi yang didownload dari tidak semua aplikasi ini dioptimalkan untuk Chrome OS. Yang tidak hanya dapat digunakan dalam format layar ponsel, yang hanya menggunakan sebagian layar di Chromebook.

Chrome OS ini berbasis Linux yang sama seperti dengan Android yang  menggunakan Linux, dan salah satu keuntungan menggunakan sistem operasi ini mudah digunakan.

Sistem operasi Chorme OS  ini pada dasarnya adalah sebuah  browser web, yang dimana Anda dapat menonton video, menggunakan sosial media hingga berbagai aktivitas lainya.

Meskipun Chrome OS ini mempunyai kelebihan, tetapi  mempunyai kelemahan yaitu tidak bisa digunakan jika  tidak ada internet, tidak dapat menjalanan Adobe Premier Plus, ataupun game AAA. Anda hanya dapat menjalankan program dan game yang ada di Play Store dan terkoneksi dengan internet. Inilah mengapa Chromebook yang merupakan sebutan  dari laptop yang menggunakan Chorme OS tidak dapat digunakan semua orang.

***




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline