Lihat ke Halaman Asli

Media Baru dan Teknologi Baru

Diperbarui: 26 Februari 2016   07:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

1.1    Studi Media

Ketika kita mempelajari soal media, pasti kita akan berpikir mengenai media komunikasi, begitu juga dengan organisasi komunikasi dan orang-orang yang bekerja dalam media seperti media cetak,media penyiaran, fotografi, periklanan, perfilman, broadcasting dan institusi lainnya. Dengan begitu terlihat perbedaan menggunakan media dari setiap orangnya.

Di sini juga mempelajari tentang apakah institusi media menjadi bagian dari akademisi penelitian atau media yang memberikan kritik sosial dan budaya mereka. Lalu bagaimana pula media menginformasikan dan merepresentasikan isi dari media yang didistribusikan, diterima, dan dikonsumsi oleh konsumen. Apakah isinya dikendalikan oleh negara atau pasar. Kebiasaan lama media dianggap hanya untuk dikonsumsi, seperti orang-orang hanya bisa menonton acara televisi ataupun hanya mendengarkan informasi melalui radio. Namun sekarang terdapat perubahan konten dan perkembangan intelektual di seluruh bentuk media yang memaksa produsen media untuk menyadari adanya jurnalisme warga. Terjadi pergeseran penonton menjadi pengguna dan dari produsen ke konsumen. Layar yang kita tonton saat ini menjadi lebih kecil dan mobile. Studi media lebih dipahami bahwa media sebagai institusi sosial sepenuhnya. Media baru dianggap sebagai hal penting dari penyebab atau efek, yaitu menjadi bagian besar global bahkan dalam perubahan sejarah. Media baru juga tentu mengeluarkan biaya. Media baru juga digunakan untuk mengurangi istilah-istilah teknis atau yang lebih spesialis (dan kontroversial).

a.      Intensitas Perubahan

Media baru muncul cukup pesat. Perubahan ini tidak terbatas pada satu elemen saja, meskipun waktu perbedaan ini berlangsung cukup lama dan berbeda dari satu medoa ke media lain. Perubahan terus menerus berlangsung dalam sebuah negara, misalnya perubahan teknologi, kelembagaan dan budaya ataupun pembangunan, itu semua tidak pernah berhenti dan terus mengalami perubahan. Dalam hal ini media baru muncul dan membuat semacam fenomena, dilihat dari perubahan yang meliputi perubahan sosial, teknologi dan budaya. Dikenal sebagai teknokultur baru.

Berikut akan ditunjukkan secara luas perubahan jenis social, ekonomi, dan budaya yang berhubungan dengan media baru:

·         Perubahan dari modernitas ke postmoderisme.

·         Memperkuat proses globalisasi.

·         Pergantian di Barat, dari usia industry manufaktur oleh ‘’post-industrial’’ informasi usia.

·         Cara layak mendirikan pesanan dan geopolitik perintah terpusat.

b.      Membedakan Antara Jenis Media Baru Berikut alasan penggunaan kata ‘baru’ pada ‘media baru’. Sebab istilah global media baru dalam beberapa bagian konstituen lebih mudah dikelola:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline