Lihat ke Halaman Asli

Radhika Wulandari

Akun KKN Tematik UNDIPxUNICEF

KKN Tematik Undip x Unicef Berikan Edukasi Mengenai Pentingnya Cuci Tangan Pakai Sabun dan Memakai Masker

Diperbarui: 30 November 2021   12:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi

Sragen (30/11/2021) - Kabupaten Sragen memiliki kasus terkonfirmasi positif COVID-19 total sebanyak 16.661 (data terakhir pada 30 November 2021), hal ini menyebabkan Kabupaten Sragen menempati peringkat ke-5 dalam peningkatan kasus terkonfirmasi positif COVID-19. Oleh karena itu, pemerintah Kabupaten Sragen melalui Peraturan Bupati Nomor 33 Tahun 2020 tentang Penerapan Tatanan Kehidupan Normal Baru Untuk Mewujudkan Maysarakat Produktif dan Aman COVID-19 di Kabupaten Sragen, pemerintah mengatur setiap masyarakatnya untuk taat akan protokol kesehatan.

Pelaksanaan belajar mengajar pun sudah kembali dibuka dengan metode tatap muka secara langsung disekolah maupun di tempat belajar lain, seperti salah satunya di TPA (Tempat Pendidikan Al-Quran), pihak sekolah dan pihak TPA sebenarnya sudah menerapkan prokes dengan baik, akan tetapi masih belum optimal. Berdasarkan pengamatan, masih banyak murid TPA AL-Fath Desa Musuk yang belum menggunakan masker dengan benar serta belum mempraktikkan cara mencuci tangan yang benar sesuai standar WHO.

Untuk mencegah adanya kluster baru COVID-19 pada kegiatan belajar mengajar secara tatap muka, mahasiswa KKN Tematik UNDIPxUNICEF mengedukasi murid TPA AL-Fath Desa Musuk, Sambirejo, Sragen mengenai pentingnya cara mencuci tangan pakai sabun (CTPS) sesuai pedoman WHO beserta edukasi cara memakai masker yang benar saat di tempat umum. Kegiatan sosialisasi dibuat menarik agar para murid tertarik untuk menyimak materi yang diberikan.

Tidak hanya kegiatan edukasi saja yang dilakukan, para murid TPA AL-Fath juga diajak untuk praktik CTPS setelah kegiatan edukasi selese. Terlihat para murid sangat antusias dan banyak yang sudah paham mengenai langkah CTPS yang benar. Ketika salah satu murid ditanya mengenai kegiatan ini, ia mengatakan bahwa kegiatan ini sangat seru dan paham tentang cara CTPS yang benar itu seperti apa.

Dokumen pribadi

"Kegiatannya sangat seru kak, video Cuci Tangannya juga lucu dan menarik aku jadi senang melihatnya. Sekarang aku jadi tahu bagaimana Cara Cuci Tangan Pakai Sabun yang benar itu seperti apa, karena aku disekolahan belum diajarkan kak" ujar Rizky, salah satu murid TPA AL-Fath.

Harapannya dengan diadakan kegiatan edukasi kepada para murid TPA AL-Fath, mereka dapat mengimplementasikan kegiatan CTPS dan cara memakai masker yang benar dalam kehidupan sehari-hari serta kluster COVID-19 tidak terjadi kembali kedepannya.

Penulis : Radhika Wulandari, mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing KKN Tematik : Kurniawan Teguh Martono, ST, MT




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline