Lihat ke Halaman Asli

5 Hal yang Harus Freshgraduate Siapkan Sebelum Terjun ke Dunia Kerja

Diperbarui: 7 Agustus 2023   20:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Unsplash (2023)

Kamu seorang freshgraduate yang sedang mencari lowongan pekerjaan? Maka ada beberapa hal yang harus kamu siapkan loh sebelum melamar ke posisi yang ingin kamu dapatkan. Seiring perkembangan zaman lapangan kerja semakin luas dan beragam. Jika sebelum teknologi semakin canggih, pekerjaan hanya seputar pekerjaan tradisional dan dilakukan secara tatap muka, namun seiring perkembangan teknologi, pekerjaan saat ii dapat dilakukan dimana saja, kapan saja serta bergantung pada teknologi. Semakin banyak lapangan kerja juga berbanding lurus dengan bertambahnya saingan dalam merebutkan lapangan pekerjaan tersebut. Disini dirangkum 5 hal yang harus freshgradute siapkan sebelum terjun ke dunia kerja 

1. Curriculum Vitae 

Kamu punya pengalaman kerja maupun organisasi bahkan berbagai prestasi , nah hal ini harus kamu lampirkan di CV sebagai berkas utama yang has kamu siapkan dalam melamar pekerjaan. Kamu juga harus mengetahui bagaimana CV yang bagus dan profesional, terdapat 2 jenis CV yaitu CV ATS dan CV creative. Usahakan yang terlampir dalam CV kamu mengggambarkan bagaimana skill yang kamu miliki dengan baik dan hindari untuk mencantumkan informasi pribadi seperti alamat lengkap, nomor identitas dan privasi lainnya di luar profesionalitas agar keamananan data kamu dapat terjaga 

2. Portfolio 

CV dan Portfolio merupakan berkas utama yang kana membawa kamu lulus dalam seleksi administrasi. Portfolio ini adalah rangkuman hasil atau pencapaian dari skill kamu, misal kamu adalah seorang content writer atau copywriter maka portfolio kamu akan berisi tulisan-tulisan yang pernah kamu publish. Caatumkan keberhasilan kamu secara nyata dalam portfolio, baik itu data maupun gambar sehingga recruitmen tertarik dengan kamu ya!!

3. Cover Letter 

Cover letter adalah surat lamaran secara formal yang nantinya akan kamu lampirkan ke email perusahaan yang kamu tuju. Cover letter ini berisi posisi yang akna kamu apply, pengalaman kerja yang relate dengan posisi yang kamu lamar, skill yang kamu miliki, background pendidikan, hingga informasi kontak yang bisa dihubungi mengenai proses lebih lanjut dari recruitmen. 

4. Personal Branding 

Nah hal yang satu ini sudah harus kamu bangun sejak dini ya, karena personal branding ini akan menjadi nilai plus dimata recruitmen. Kamu bisa membangun personal branding mellaui sosial media seperti Linkedin, Instagram maupun Tik Tok. Bangunlah personal branding yang kuat dengan arah yang positif serta menunjukan skill yang kamu miliki. Contohnya kamu memiliki skill public speaking dan sering menjadi pembicara, moderator atau mc serta hal-hal lainnya yang menggambarkan skill kamu dapat kamu publikasikan dalam media sosial yang kamu punya loh 

5. Download Flatform atau Aplikasi Yang Menyediakan Lowongan Pekerjaan 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline