Lihat ke Halaman Asli

Intervensi Amien Rais Terhadap Calon Ketua Umum PAN

Diperbarui: 17 Juni 2015   11:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14231834691556702130

[caption id="attachment_395269" align="aligncenter" width="624" caption="http://karawangtoday.com/wp/?p=11593"][/caption]

Kandidat Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) saling bersaing kedua nama tersebut adalah Hatta Rajasa dan Zulkifli Hasan. Bahkan Ketua Majelis Pertimbangan PAN Amien Rais secara terang-terangan mengungkap bahwa dirinya mendukung penuh Zulkifli untuk duduk dikursi kepemimpinan Ketua Umum. Bahkan Amien bersikeras bahwa Zulkifli jika nantinya menjadi Ketua Umum PAN akan meraih kejayaannya.

Seperti yang dikatakan Yandri Susanto sebagai anggota tim sukses Zulkifli, Yandri mengatakan bahwa PAN harus ada regenerasi, artinya harus ada perubahan struktur PAN yang dimulai dari Ketua Umum atau pemimpinnya. Terlepas dari dukungan Zulkifli tersebut Ketua Umum Incumbent, Hatta Rajasa ternyata memberikan perlawanan yang cukup sengit, bahkan diketahui ada 24 dukungan pengurus PAN tingkat provinsi.

Sinyal dukungan Hatta ini tidak terlepas dari keberhasilannya menggawangi PAN selama lima tahun, ditangan Hatta PAN berjaya yang salah satu contohnya adalah naiknya suara dipemilu 2014. Bahkan Hatta diketahui memiliki pengaruh yang cukup luar biasa dengan partai-partai lain dalam Koalisi Merah Putih (KMP). Hatta juga memiliki modal kuat dengan popularitasnya sebagai Cawapres 2014 lalu. Hal tersebut menjadi nilai lebih bahwa Hatta memiliki kemampuan yang cukup dalam kepemimpinan.

Sedangkan peneliti dari Lingkaran Survey Indonesia (LSI) Adjie Alfaraby mengatakan bahwa Hatta Rajasa kemungkinan besar akan terpilih kembali sebagai Ketua Umum PAN. Adjie menambahkan Zulkifli Hasan sangat minim potensi untuk mengalahkan Hatta, bahkan Zulkifli minim pengalaman politik. Hal tersebut menjadi salah satu nilai yang berarti bagi pemilihnya nanti.

Namun kembali lagi terhadap kekuatan Zulkifli yang di back up oleh Amien Rais. Dan memang tidak disangkal lagi bahwa nama Amien sangat berpengaruh besar terhadap PAN. Campur tangan Amien terhadap Zulkifli ini mengindikasikan bahwa Amien kurang netral dalam pemilihan Ketua Umum PAN nanti. Memang indikasi dukungan Amien terhadap Zulkifli tersebut punya arti yang dalam, artinya hubungan Amien dan Zulkifli punya hubungan kekeluargaan sebagai besan, jadi wajar ketika Amien bersikeras mendukung penuh Zulkifli untuk maju ke bursa pemilihan Ketua Umum PAN dan memenangkan pemilihan tersebut.

Namun yang perlu diwaspadai dalam pemilihan Ketua Umum nanti adalah campur tangan pihak luar terhadap pelaksanaan kongres. Karena indikasi keterlibatan pihak luar untuk mengobrak-abrik PAN pastinya terjadi. Kewaspadaan campur tangan pihak luar tercermin dari pengalaman Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Golkar.

Kedua partai penyokong KMP tersebut kini terbelah akibat konflik para elite politik yang bermain. Bahkan intervensi tersebut muncul oleh mereka yang memiliki kepentingan untuk menghancurkan partai, memang intervensi tersebut tidak serta merta muncul siapa aktor dibelakang, namun kewaspadaan PAN dalam kongres ke IV yang nantinya diselenggarakan di Bali pada akhir bulan Februari tersebut, diharapkan kewaspadaan harus ekstra dilakukan oleh PAN nantinya.

Saya berharap siapapun yang nantinya duduk dikursi kepemimpinan PAN dapat sama-sama menjaga solidaritas terhadap kader PAN dan partai-partai lainnya. Saya yakin PAN memiliki sikap itu semua, jangan sampai partai matahari ini justru luntur akibat tangan-tangan jahil yang ingin menghancurkan partai tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline