Lihat ke Halaman Asli

Raden Riski Dwi Koestanto

Mahasiswa Fakultas Islam Nusantara Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia

Kearsipan: Dampak Kemajuan Teknologi terhadap Dunia Kearsipan

Diperbarui: 19 Juli 2023   09:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Oleh : Fida Syariyah (Mahasiswa UNUSIA)

Saat ini teknologi di indonesia telah mengalami banyak perkembangan. Baik pekembangan di dunia teknologinya dan ilmu pengetahuan, perkembangan tersebut membuat perubahan di berbagai aspek kehidupan. Perkembangan informasi dan komunikasi yang semaki pesat saat ini membawa pengaruh pada semua bidang salah satunya perkembangan pada kearsipan yang dulu masih berupa arsip berdia kertas namun saat ini arsip dapat disajikan dalam bentuk media seperti flash disk maupun hard disk.

Kearsipan telah menjadi bagian penting dalam sejarah sejak zaman dahulu dikarenakan arsip sangat penting sebagai penyimpan data-data yang data tersebut akan diperlukan dimasa yang akan datang. Hingga saat ini juga kearsipan di Indonesia sangat dijaga keltariannya bahkan lemari kearsipan di museum Jakarta yang merupakan peninggala dari penjajajah belanda saat itu.

Nah kita saat ini tahu bahwa dunia telah mengalami era digitalisasi yang mana tentu kearsipan di Indonesia juga ikut mengalami perkembangan tersebut. Dampak dari kemajuan teknologi yang dialami bidang kearsipan yaitu dengan munculnya satu jenis arsip yang disebut dengan arsip elektronik yang mana arsip jenis ini menjadi pelengkap jenis arsip-asrip yang telah ada sebelumnya.

Munculnya kerasipan elektronik di Indonesia ini memberikan tantangan dan kesempatan yang mana tidak hanya pada penggunaan dan pemanfaatnya saja tetapi pada sisi pelestariannya, pemeliharaan dan penyusutan arsip harus dilaksanakan. Adanya arsip elektronik dampak dari kemajuan informasi dan teknologi saat ini akan memudahkan pengelolaan arsip. Arsip elektronik juga menciptakan kemudahan masyarakat, bangsa dan negara dalam mencari data kearsipan yang dibutuhkan.

Beberapa dampak signifikan dari Kemajuan teknologi terhadap dunia kearsipan, diantaranya yaitu:

Pengelolaan arsip yang efisien

Perangkat lunak kearsipan dan sistem manajemen arsip digital membantu dalam pengindeksan, penyimpanan, dan penelusuran arsip. Teknologi ini memungkinkan pengelolaan arsip yang lebih efisien, termasuk klasifikasi, pengaturan metadata, dan pelacakan status arsip. Hal ini mengurangi kerumitan proses pengelolaan arsip dan mempercepat pencarian informasi yang dibutuhkan.

Perpustakaan digital dan arsip online

Kemajuan teknologi telah membawa kehadiran perpustakaan digital dan arsip online di Indonesia. Ini memungkinkan akses publik yang lebih luas terhadap berbagai jenis arsip dan koleksi, termasuk dokumen sejarah, publikasi ilmiah, dan bahan-bahan budaya. Masyarakat dapat mengaksesnya secara online, mengurangi keterbatasan geografis dan waktu dalam mengakses informasi.

Namun disamping dampak yang saat signifikan dalam dunia kersipan yang telah mengalami oerkembangan teknologinya tentu memiliki keterbatasan dan tantangan, misalnya masalah keamanan data, risiko kerentanan terhadap serangan siber, perubahan teknologi yang cepat dan memerlukan pembaruan kontinu, dan masalah kebergantungan pada perangkat dan perangkat lunak yang rentan terhadap keusangan dan kecacatan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline