Lihat ke Halaman Asli

Persaingan Politik Semakin Panas

Diperbarui: 28 September 2016   18:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Menjelang pergantian kepala daerah DKI Jakarta persaingan politik sudah terasa sangat panas menjelang tahun 2017, akhir-akhir ini pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta telah menjadi sorotan masyarakat. Dimana pada tanggal 15 Februari 2017 masyarakat jakarta akan memilih dan menentukan orang pertama di DKI Jakarta. Didalam pemilihan nanti apabila ada yang menang dan yang kalah meraka harus menerima segala tindakan yang pemimpin lakukan selama dia menjabat sebagai pemimpin dan ikut serta dalam berpolitik.

Politik adalah seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan secara konstitusional maupun nonkonstitusional. Di samping itu politik dapat dilihat dari sudut pandang yang berbeda, yaitu politik adalah usaha yang di tempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama. (Teori klasik Aristoteles)

Didalam pemilihan kepala daerah banyak sekali persoalan yang dihadapi oleh calon-calon gubernur DKI Jakarta salah satunya Isu Suku Agama Ras dan Antargolongan (SARA) sehingga dapat menimbulkan Efek mengenai isu agama dan etnis terhadap elektabilitas terlihat sangat signifikan. Isu agama dan etnis yang tampak apabila yang bersaing Ahok vs Yusril, dengan adanya isu-isu ini proses pemilihan gubernur dan wakil gubernur dapat berlangsung aman tanpa ada keributan dan hal-hal yang tidak di inginkan.

Disamping itu seorang pemimpin harus jujur, mempunyai tanggung jawab yang besar,dapat dipercaya dan yang terpenting bisa mengutamakan kepentingan rakyat karena pada dasarnya masyarakat mempunyai harapan yang besar terhadap pemimpin yang akan terpilih nantinya dan seorang pemimpin itu harus di bekali pengetahuan politik yang kuat agar pesan-pesan yang disampaikan dapat amanah sehingga dapat menjadi seorang aktivis.

Jadi kesimpulanya masyarakat harus cerdas dalam memilih seorang pemimpin agar tidak salah dalam memilih karena nasib negara ada pada rakyat karena rakyatlah yang memilih.

Daftar pustaka

https://id.wikipedia.org/wiki/Politik

Nama : RM.LEO CANDRA SYAHPUTRA

Nim : 07031181520173

Jurusan : Ilmu komunikasi (A)

Fakultas : Fisip

Dosen Pembimbing : NUR ASLAMIAH SUPLI,BIAM,M.SC




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline