Lihat ke Halaman Asli

IKN Nusantara Disiapkan Sebagai Kota Pusat Mitigasi Bencana Megathrust

Diperbarui: 15 Agustus 2024   06:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: Unsplash

IKN Nusantara, ibu kota baru Indonesia yang sedang dibangun di Kalimantan Timur, memang dirancang dengan berbagai pertimbangan, termasuk sebagai pusat mitigasi bencana, terutama dalam menghadapi ancaman megathrust. Lokasinya yang jauh dari zona-zona seismik utama seperti di Pulau Jawa, Sumatera, dan Bali, menjadikan IKN Nusantara relatif aman dari potensi gempa bumi dan tsunami yang diakibatkan oleh megathrust di sepanjang pesisisr pantai barat Sumatera dan selatan Jawa.

Selain itu, IKN Nusantara juga direncanakan dengan infrastruktur yang tahan terhadap berbagai bencana, termasuk banjir dan tanah longsor. Pemerintah Indonesia berharap bahwa IKN Nusantara akan menjadi model pembangunan kota yang berkelanjutan dan tangguh terhadap bencana, mengingat ancaman megathrust yang selalu mengintai kawasan-kawasan padat penduduk di Indonesia.

Dengan pusat Pemerintahan, Lembaga Negara dan Ekonomi mulai dibangun dan diaktifkan di IKN Nusantara maka resiko kelumpuhan Pemerintahan dan berbagai fungsi Negara diharapkan dapat termitigasi dengan baik dan pada bidang ekonomi pulau Jawa khususnya Jakarta yang akan menjadi pusat bisnis Indonesia apabila terkena dampak bencana megathrust yang diprediksi akan melumpuhkan sebagian ekonomi Indonesia telah termitigasi juga dengan adanya IKN Nusantara.

IKN Nusantara juga sebagai pusat pengembangan teknologi Indonesia diharapkan dapat memitigasi bencana dan penanganan bencana dahsyat dengan memanfaatkan teknologi-teknologi yang sudah disiapkan sebelumnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline