Lihat ke Halaman Asli

Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Melalui Media Audio Visual

Diperbarui: 13 Mei 2024   08:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

SUMENEP

Kabupaten Sumenep adalah salah satu kabupaten yang berada di ujung Pulau Madura Provinsi Jawa Timur. Sumenep adalah salah satu Kabupaten yang memiliki pulau terbanyak, yaitu 126 pulau yang terdiri dari 48 pulau yang berpenghuni, sedangkan yang tidak berpenghuni berjumlah 78 pulau (berdasarkan hasil sinkronisasi luas wilayah Kabupaten Sumenep).Kabupaten Sumenep terletak antara 113° 32’ 54” - 116° 16’ 48” Bujur Timur dan 4° 55’ - 7° 24’ Lintang Selatan, dengan batas – batas sebagai berikut:

  • Sebelah Utara: Laut Jawa
  • Sebelah Selatan : Selat Madura
  • Sebelah Barat : Kabupaten Pamekasan
  • Sebelah Timur : Laut Jawa / Laut Flores

Kabupaten Sumenep mempunyai kepadatan penduduk yang relatif masih belum padat. Persebaran penduduk terpusat pada IKK (Ibu Kota Kecamatan). Kecamatan yang mempunyai kepadatan penduduk paling tinggi adalah Kecamatan Kalianget yaitu 128 Jiwa per Hektar. Sedangkan, kecamatan yang mempunyai kepadatan penduduk paling rendah adalah Kecamatan Batang- Batang dengan tingkat kepadatan 25,53 Jiwa per Hektar. Luas wilayah, jumlah Kecamatan, Jumlah Penduduk, dan kepadatannya dapat di lihat dari tabel di bawah ini.

Bahasa merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk melakukan interaksi dalam lingkungan, selain tradisi setiap daerah mempunyai dialek bahasa yang berbeda-beda. Sama halnya dengan masyarakat Madura. Bahasa yang digunakan sebagai alat komunikasi oleh masyarakat Madura adalah bahasa Madura. Dalam bahasa Madura khususnya masyarakat Sumenep dikenal adanya tingkatan tutur dalam penggunaan bahasa. Wibowo dkk (2002) mengatakan bahwa tingkat tutur dibagi menjadi menjadi tiga yaitu bahasa enjhe’-iye(sama dengan ngoko), bahasa enggi-enten(sama dengan madya), dan bahasa enggi-bhunten(sama dengan krama).

Kabupaten Sumenep merupakan kabupaten yang mempunyai kultur yang berbeda dengan kabupaten yang lain di Pulau Madura. Dahulu Kabupaten Sumenep menjadi pusat kerajaan dan kebudayaan di Pulau 38 Madura yang mempunyai kebudayaan yang hampir sama dengan keraton di Jawa khususnya Jawa Tengah. Ada beberapa kesenian yang sampai saat ini masih berkembang seni tari, kerajianan, dan musik. Kesenian tradisional yang masih berkembang di Kabupaten Sumenep antara lain Topeng Dhalang, Gambhu, Nyaddar, Juwek, Ratep, Masitek, ojhung, dan tari Muwang Sangkalyang merupakan hasil cipta karya dan adat-istiadat, agama, dan etika yang berkembang dan menyatu di masyarakat.

Media Audio Visual

          Audiovisual merupakan salah satu jenis media yang memiliki unsur visual dan auditori. Manfaat media khusus ini tentu akan lebih komunikatif karena keluarannya dapat dilihat secara visual dan didengar secara auditori.

    Selain itu, media audiovisual sendiri juga dapat digunakan sebagai alat yang sering digunakan untuk menyampaikan pengetahuan, gagasan, dan gagasan lain yang diubah menjadi presentasi tertulis di lingkungan pendidikan seperti ruang kelas, perpustakaan, dan ruang publik lainnya.

          Ada beberapa kegunaan media audiovisual yang sebagian besar sebagai alat komunikasi, antara lain sebagai berikut:

      1. Fungsi sosial audiovisual ini dapat digunakan untuk menyampaikan informasi dalam berbagai bentuk, termasuk konsep untuk semua orang, sehingga meningkatkan pemahaman. Media pertama juga berpotensi membantu masyarakat dalam upayanya memperoleh pemahaman media pertama juga dapat membantu seseorang dalam upayanya memperoleh pemahaman tentang orang lain atau bahkan kitab-kitab agama.

2. Fungsi Pendidikan Fungsi pendidikan disini diawali dengan memberikan kesempatan belajar yang adil dan setara bagi setiap individu. Tidak hanya itu, media audiovisual juga dapat digunakan sebagai sarana penyampaian makna; oleh karena itu, ini dapat membantu dalam berpikir kritis.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline