Lihat ke Halaman Asli

[Blog Competition] Pembangunan Indosentris untuk Kesejahteraan Bangsa

Diperbarui: 13 Juni 2016   15:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Pembangunan indonesia sentris adalah konsep konektivitas diantara seluruh rakyat indonesia. Dengan adanya konektivitas akan menciptakan untuk memaknai kebangkitan nasional.

Indonesia sentris menurut presiden Joko Widodo adalah sebuah upaya membangun konektivitas diantara seluruh bangsa indonesia. Keterhubungan atau konektivitas itu sangat penting dan mendasar terkait keutuhan identitas bangsa indonesia. Ini merupakan konsep ke-indonesia-an yang masuk terfragmentasi karena berbagai kendala. Baik itu kendala politik,budaya,ekonomi maupun infrastruktur.

Dengan adanya program pembangunan  indonesia sentris secara utuh yang tercantum dalam butir butir poin program nawachita yang bertujuan bersama sama mensejahterakan bangsa indonesia. dalam hal pembangunan infrastruktur ini justru lebih ditekankan pada wilayah wilayah pinggir dari NKRI kemudian berjalan menuju ke pusat wilayah.

Namun ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan oleh pemerintah agar program ini tidak hanya menjadi program  "pelipur" saja bagi masyarakat bangsa indonesia, serta dapat mencapai tujuan program ini secara utuh. beberapa poin poin yang perlu diperhatikan oleh pemerintah ialah :

1 . Pembangunan infrastruktur pendukung perkembangan ekonomi.

Pembangunan infrastruktur pendukung perkembangan ekonomi ini dipandang amat sangat penting bagi keberhasilan sebuah pembangunan infrastruktur indonesia sentris , karena melalui fasilitas fasilitas infrastruktur ataupun non infrastruktur yang dibangun seperti jalan,pasar,pelabuhan,lapangan landasan udara diharapkan,transportasi,sumber daya energi serta teknologi diharapkan mampu memacu perkembangan bagi perekonomian masyarakat yang berada diwilayah pinggiran ini, dengan meningkatnya kondisi perekonomian masyarakat maka hal tersebut juga dapat memacu perkembangan disektor lain dalam masyarakat seperti meningkatnya kualitas taraf hidup masyarakat baik di bidang pangan,pendidikan,sandang papan /tempat tinggal serta yang lainnya dikarenakan apabila kualitas infrastruktur maupun non infrastruktur baik maka hal tersebut juga akan memacu semangat para investor untuk berbondong-bondong berinvestasi diwilayah tersebut dan dari situlah pembangunan infrastruktur indonesia sentris akan dengan cepat terwujud serta akan terjadinya pembangunan pembangunan fasilitas lain seperti fasilitas kesehatan,pendidikan serta lainnya.

2 . Kemudahan ijin bagi para investor tanpa melupakan amdal.

Dengan kemudahan kemudahan perijinan bagi para investor tentunya akan menjadi hal yang sangat penting bagi proses pembangunan infrastruktur indonesia sentris yang juga tentunya dengan memperhatikan dampak pada lingkungan melalui amdal.

3 . Peningkatan kualitas pendidikan dan pengembangan bagi masyarakat.

Dengan adanya pembangunan tentu saja harus dibarengi dengan peningkatan kualitas SDM melalui pendidikan dan pemberdayaan masyarakat secara baik, hal ini menjadi sangat penting bagi pemerintah untuk meminimalisir terjadinya konflik dan masalah masalah baru yang muncul akibat pembangunan di kemudian hari.

Dengan peningkatan kualitas pendidikan dan pemberdayaan masyarakat tentunya akan menjadi sebuah pertimbangan bagi perusahaan maupun pemerintah untuk menyerap tenaga kerja secara optimal tanpa harus mencari tenaga kerja yang berintegritas dari wilayah lain dikarenakan kualitas SDM lokal yang sudah memadai.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline