Lihat ke Halaman Asli

Rachmawatinur Pratiwi Ugar

Mahasiswi Universitas Diponegoro

Mahasiswa KKN Undip Mengajak UMKM di Kelurahan Bone-bone untuk Beralih ke UMKM Berbasis Digital Marketing

Diperbarui: 5 Agustus 2021   15:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Proses pembuatan tenun dan Penjelasan kondisi UMKM di masa pandemi (Dok. Pribadi)

Baubau (04/08/2021) Usaha Mikro Kecil dan Menengah ialah kepanjangan dari UMKM. UMKM merupakan salah satu penggerak ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Indonesia oleh karena itu sudah selayak nya kita mendukung UMKM dengan cara konsumtif terhadap produk UMKM daripada konsumtif produk impor. 

Pandemi covid-19 yang tak kunjung berakhir di tahun 2021 tentunya memberikan dampak penurunan konsumen pada UMKM di seluruh Indonesia termasuk UMKM di Kelurahan Bone-Bone. 

Hal tersebut ditambah dengan kondisi UMKM yang masih melakukan pemasaran produk secara manual sehingga jangkauan konsumennya tidak meluas. 

Berdasarkan permasalahan tersebut maka dibuat sebuah program kegiatan "Pemberdayaan UMKM yang terdampak pandemi covid-19 berbasis digital marketing" sebagai solusi permasalahan dibuat booklet tentang digital marketing. 

Program kegiatan tersebut digagas oleh Rachmawatinur Pratiwi Ugar dari Program Studi Geologi Fakultas Teknik yang merupakan Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro TIM II periode 2021 serta dibimbing oleh ibu Dr. Ana Silviana, SH, M.Hum (Dosen KKN).

Toko online UMKM Tenun Buton (Dok. Pribadi)

Tujuan pelaksanaan program kegiatan KKN supaya UMKM Tenun tersebut dapat menjadi percontohan UMKM lainnya yang berada di Kelurahan Bone-bone untuk memperluas usahanya di pasar online dan membantu Percepatan Pencapaian Tujuan Pembangunan Nasional Berkelanjutan (SDGs).

Booklet (Dok. Pribadi)

"Terimakasih saya ucapkan kepada mahasiswa KKN Undip yang telah membantu memajukan UMKM Tenun Buton dengan membuat toko online dalam menjangkau konsumen secara luas" ujar pemilik UMKM (Kak Linda). 

Penyerahan booklet ke pihak UMKM Tenun Buton (Dok. Pribadi)

Penulis: Rachmawatinur Pratiwi Ugar (21100118100034), Program Studi Geologi, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Mahasiswa KKN TIM II 2021.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline