Lihat ke Halaman Asli

Rachmad Rizky Fauzi

Universitas 17 agustus 1945 surabaya

Analisis Rute Pengiriman agar Dapat Meminimalisir Biaya Transportasi pada Pt Nusatrans Anugerah Makmur Surabaya

Diperbarui: 9 Juli 2024   09:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

PT. Nusatrans Anugerah Makmur Surabaya merupakan suatu perusahaan yang bergerak dibidang Ekspedisi yang berlokasikan di Jl. Dukuh Menanggal 1-A, Gayungan, Surabaya. Kemudian untuk pengiriman barang nya bisa melalui darat dan laut, dan sistem pengiriman barang bisa melalui door to door, port to port, port to door, door to port, tetapi untuk armada yang sering digunakan mengirim barang melalui jalur laut yaitu kapal tongkang yang bisa muat dari 2000 - 5000 ton. Adapun perusahaan yang selalu menggunakan jasa ekspedisi di PT. Nusatrans Anugerah Makmur Surabaya yaitu PT. Saraswanti Anugerah Makmur Tbk, PT. Dupan Anugerah Lestari, PT. Anugerah Pupuk Lestari, PT. Anugerah Pupuk Makmur dan untuk proses pengiriman pupuknya kebeberapa daerah yaitu : Pontianak, Banjarmasin, Samarinda, dan Sampit yang menggunakan transportasi darat berupa truk kontainer dan transportasi laut berupa kapal tongkang yang dimuat dari pabrik di mojokerto menggunakan truk kontainer kemudian dimuat menggunakan kapal tongkang di pelabuhan tanjung perak surabaya, kemudian dari beberapa daerah yang selalu menjadi tujuan pengiriman barang berupa pupuk yang beratnya dalam sekali kirim bisa mencapai 50 - 1.000 Ton/perusahaaan, kemudian untuk proses pengambilan pupuk dari Pabrik ke Pelabuhan menggunakan Truk Container yang dapat mengangkut untuk per kotak kontainer nya yakni 30 Ton/menggunakan kontainer 45 feet dan didalam proses pengiriman pupuk menggunakan 1-15 box container sesuai dengan berat beban pengiriman pupuk yang dibutuhkan untuk proses pengangkutan pupuk dari Mojokerto ke beberapa wilayah seperti : Pontianak, Banjarmasin, Samarinda, dan Sulawesi.Lalu untuk biaya transportasi, dan pemesanan Kapal Tongkang yang sudah memiliki kerjasama dengan Merapi, Icon dan beberapa vendor Kapal Tongkang lainnya. 

Selama program kerja praktik berlangsung di PT. Nusatrans Anugerah Makmur Surabaya telah terindikasi beberapa masalah. Masalah yang pertama adalah terindikasi bahwa bagaimana cara untuk menganalisa rute dalam sekali kirim supaya optimal untuk pengiriman barang melalui transportasi jalur laut dengan menggunakan pelabuhan dengan jarak yang lebih rendah seperti pelabuhan Shorebase Lamongan ke pelabuhan Dwikora Pontianak, pelabuhan Dermaga IBL Gresik ke pelabuhan Sampit, dan pelabuhan Tanjung Perak Surabaya ke pelabuhan Samarinda dan ke pelabuhan Trisakti Banjarmasin, yang dimana dengan menggunakan pelabuhan dari Lamongan, Gresik, dan Surabaya. Untuk agar dapat mengoptimalkan rute dan meminimalisir biaya pada transportasi untuk melakukan pengiriman produk dan berdasarkan Data yang telah saya ambil dari perusahaan ini menunjukkan bahwa untuk rute pengiriman dan biaya yang di keluarkan cukup besar untuk sekali kirimnya, untuk meminimalisisr adanya peningkatan biaya dan rute pengiriman yang kurang optimal ini  dengan menggunakan metode Travelling Salesman Problem (TSP), yang dimana menggunakan metode tersebut adalah cara yang efektif untuk memperhitungkan biaya pengeluaran , dan memperhitungkan rute pengiriman yang optimal dari data yang telah diambil menjadi lebih efesien.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline