Lihat ke Halaman Asli

Kilas Balik Penutupan Paksi Fest

Diperbarui: 20 November 2021   09:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen Pribadi

Malang -- Himpunan Mahasiswa Jurusan PGSD UMM telah sukses menggelar acara PAKSI FEST yang bertemakan "Budayaku Kebanggannku". Kegiatan PAKSI FEST ini resmi ditutup pada tanggal 21 Agustus 2021 bertepatan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat yang dicanangkan oleh pemerintah yang artinya tidak diperbolehkan mengadakan acara yang mengakibatkan kerumunan. Pemberlakukan peraturan ini, membuat panitia mengubah konsepan awal yang semula dilaksanakan secara offline menjadi full online melalui platform digital. Walaupun dilaksanakan secara full online, hal ini tidak mematahkan semangat panitia penyelenggara dan peserta untuk turut mensukseskan acara ini. Kesuksesan acara ini tentunya hasil dari kerjasama beberapa pihak, seperti dosen, peserta sendiri, guru pendamping, dan tentunya fungsionaris HMJ PAKSI.

Rivana Vivi atau yang akrab dipanggil Vivi membagikan pengalamannya kepada kami terkait pengalamannya selama berpartisipasi dalam rangkaian acara PAKSI FEST ini. Ia sangat menyayangkan ketika acara ini tidak dapat dilakukan secara offline seperti rencana awal. Namun, dibalik kesedihan itu tentunya banyak pelajaran berharga yang didapatkan. 

"Sukanya ketika bisa berpartisipasi dalam acara ini bisa menambah pengalaman, mulai menyiapkan konsepan acara dan rundown. Kerana kita anggotanya banyak, kita bisa saling bertukar pikiran dan menguatkan satu sama lain,". 

Sebagai acara yang digelar untuk se-Malang Raya, tentunya banyak persiapan yang dibutuhkan. Persiapan yang utama dilakukan oleh panitia adalah bagaimana konsepan acara ini dijalankan. Selain itu, persiapan-persiapan yang tidak kalah penting yaitu menyiapkan ketentuan dan kriteria penilaian dari setiap lomba yang diadakan, sertifikat juri lomba, peserta, dan pendamping. Sebagai apresiasi kepada peserta yang menjuarai lomba, panitia juga membagikan sertifikat juara beserta piala. 

Untuk rundown kegiatan, panitia membuat susunan acara dengan mulai dari seluruh panitia dan peserta serta bapak/ibu pendamping memasuki zoom meeting yang telah disediakan oleh panitia. Acara penutupan ini dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an dilanjut menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Sang Surya sebagai mars Muhammadiyah lalu sambutan dari beberapa pihak. Acara berikutnya adalah pengumuman pemenang lomba dan promosi dari salah satu bimbingan belajar dari kota Malang yaitu "Puzzelwiyata".

Di akhir sesi wawancara, Vivi menyampaikan harapan kedepannya semoga acara PAKSI FEST tetap dikembangkan di tahun-tahun berikutnya. Selain itu, Vivi juga menyampaikan harapannya untuk rekan-rekan fungsionaris HMJ PAKSI untuk selalu kompak dan terus membagikan kebaikan kepada sesama.

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline