Lihat ke Halaman Asli

Rachel Fatma Maharani Putri

Mahasiswa/Universitas Sebelas Maret

Jam Dinding Numerasi: Meningkatkan Kreativitas dan Kemampuan Membaca Jam pada Siswa Kelas 1

Diperbarui: 6 Juni 2024   06:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi

Mengajarkan keterampilan membaca jam kepada siswa kelas 1 bisa menjadi tantangan yang memerlukan metode inovatif dan menarik. Salah satu pendekatan yang efektif adalah melalui kegiatan membuat jam dinding numerasi. Kegiatan ini tidak hanya membantu siswa memahami cara membaca jam dinding, tetapi juga meningkatkan kreativitas mereka melalui aktivitas mewarnai dan mendekorasi jam. Dalam kegiatan membuat jam dinding numerasi, setiap siswa diberi kesempatan untuk membuat jam dinding mereka sendiri. Mereka dapat menamai jam tersebut dan mewarnainya sesuai dengan kreativitas masing-masing. Jam dinding yang dibuat kemudian digunakan sebagai alat belajar untuk memahami konsep waktu. Guru memberikan pertanyaan terkait posisi jarum jam, yang membantu siswa belajar membaca jam dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.

Membaca jam adalah keterampilan dasar yang penting untuk dipelajari oleh siswa sejak dini. Melalui pembuatan jam dinding numerasi, siswa belajar untuk mengenali angka-angka pada jam dan memahami posisi jarum jam. Dengan menggunakan jam yang mereka buat sendiri, siswa lebih termotivasi dan merasa memiliki keterikatan emosional dengan alat belajar tersebut. Hal ini membuat proses belajar menjadi lebih efektif dan menyenangkan. Selain mengajarkan keterampilan membaca jam, kegiatan ini juga berfungsi sebagai sarana untuk mengembangkan kreativitas siswa. Siswa diberikan kebebasan untuk mendekorasi dan mewarnai jam dinding mereka sesuai dengan imajinasi dan selera masing-masing. Aktivitas ini mendorong ekspresi diri dan meningkatkan kemampuan motorik halus, yang sangat penting untuk perkembangan anak pada usia dini.

Kegiatan membuat jam dinding numerasi memberikan manfaat ganda bagi siswa. Dari sisi edukasi, siswa belajar konsep dasar waktu dan cara membaca jam. Mereka juga mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang urutan angka dan hubungan antara jarum pendek dan jarum panjang pada jam. Dari sisi ekspresi, siswa dapat mengeksplorasi kreativitas mereka melalui seni dan warna, yang membantu mengembangkan keterampilan artistik dan estetika.

Sehingga, kegiatan membuat jam dinding numerasi adalah kegiatan yang inovatif dan menyenangkan untuk mengajarkan siswa kelas 1 cara membaca jam dinding. Dengan menggabungkan edukasi dan kreativitas, kegiatan ini memberikan pengalaman belajar yang menyeluruh dan memuaskan. Siswa tidak hanya belajar keterampilan dasar membaca jam, tetapi juga mengembangkan kreativitas mereka melalui seni dan warna. Kegiatan ini menunjukkan bahwa pembelajaran bisa dilakukan dengan cara yang interaktif dan menarik, sehingga meningkatkan motivasi dan minat siswa untuk belajar. Dengan dukungan yang tepat dari guru dan sekolah, kegiatan ini dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan kemampuan numerasi dan kreativitas siswa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline