Lihat ke Halaman Asli

KKN Tematik UM 2021: Sosialisasi E-Commerce Produk Kreatif Desa Sidorejo bersama Bank Mandiri

Diperbarui: 6 Juli 2021   01:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosialisasi e-commerce KKN UM bersama/Dokpri

KKN TEMATIK UM -- SIDOREJO, Tingginya perkembangan teknologi memunculkan berbagai macam peluang bisnis baru. Salah satunya adalah e-commerce. E-commerce memberikan pengaruh yang besar dalam kegiatan jual beli masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Hal ini sejalan dengan penelitian Laming, 2020 yang mengatakan bahwa selama pandemi Covid-19 pertumbuhan e-commerce di Indonesia meningkat sebanyak 5-10 kali lipat dengan penambahan pelanggan baru sebanyak 51 persen. Berangkat dari informasi tersebut, KKN TEMATIK UM ingin meningkatkan pendapatan dan menjaga keberlanjutan usaha yang ada bagi pelaku UMKM Desa Sidorejo.

Sosialisasi e-commerce ini merupakan salah satu program kerja KKN TEMATIK UM yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan UMKM Desa Sidorejo di tengah pandemi Covid-19 dengan memaksimalkan penggunaan aplikasi-aplikasi yang mudah dijangkau melalui smartphone. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan pada tanggal 5 Juli 2021 yang dimulai pukul 13.30 yang bertempat di Dewi Sri, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Kegiatan sosialisasi dihadiri oleh Dosen Pembimbing dan Dosen Narasumber yang berasal dari Universitas Negeri Malang yakni Muhammad Hasyim Ibnu Abbas, S.E., M.Sc. dan Magistyo Purboyo Priambodo, S.E., M.E. Tamu undangan merupakan perangkat desa, ibu-ibu PKK, POKDARWIS, dan BumDes. Kegiatan juga dihadiri oleh pihak Bank Mandiri dalam rangka memaksimalkan penggunaan dompet digital dan QR code.

Kegiatan sosialisasi e-commerce dijalankan dengan protokol kesehatan yang ketat. Adanya sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan pengetahuan UMKM Desa Sidorejo mengenai pemanfaatan era digital dalam berwirausaha di tengah pandemi Covid-19. Sebab ditengah krisis akibat pandemi ini mau tidak mau masyarakat harus untuk beradaptasi dengan banyaknya perubahan yang terjadi, salah satunya dalam berwirausaha. Topik sosialisasi e-commerce yang kami angkat ialah mengenai market place seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan Lazada yang saat ini menjadi market place terbesar di Indonesia. Dimana market place tersebut memberikan banyak keuntungan yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM Desa Sidorejo. Penjelasan materi e-commerce kami diakhiri dengan cara pembayaran melalui media digital oleh Bank Mandiri.

Pihak Bank Mandiri memberikan penjelasan mengenai salah satu produk terbarunya yaitu Mandiri eCommerce yang mana produk ini memberikan kemudahan dan kenyaman bagi pelaku usaha dalam berwirausaha serta memanfaatkan e-wallet dan e-money sebagai alternatif media pembayaran di tengah pandemi Covid-19 ini sehingga dapat mencegah terjadinya antrian di kasir. Maka dari itu, dengan kemajuan teknologi saat ini, e-commerce memberikan kemudahan bagi kita untuk meningkatkan pendapatan kita dalam situasi apapun.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline