Lihat ke Halaman Asli

Inilah Pemanfaatan Teknologi Digital di Bank Danamon

Diperbarui: 21 November 2017   22:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.danamon.co.id

Tidak bisa terelakkan di era digital sekarang ini, berbagai sektor usaha, dunia perbankan pun mau tidak mau harus bisa beradaptasi dengan teknologi digital. Teknologi ini berkembang seiring dengan peningkatan penggunaan internet di Indonesia, Jumlah penduduk Indonesia yang besar, 262 juta jiwa dan sekitar 132 juta diantaranya sudah terbiasa menggunakan internet dalam keseharian mereka. Perubahan pola konsumsi dan gaya hidup digital masyarakat Indonesia mendorong para pelaku usaha dan dunia perbankan untuk melakukan inovasi dan beradaptasi dengan teknologi.

sumber :https://aseanup.com/wp-content/uploads/2017/02/Indonesia-digital-numbers-2017.png

Teknologi yang dipergunakan di dunia perbankan, meliputi :
  • ATM (Automated Teller Machine) atau anjungan tunai mandiri.
  • Mobile Banking dan Internet Banking
  • Debit Card

Menurut Microsoft Asia Digital Trasformation Study yang dipublikasikan melalui media digital SWA mengenai riset kepada 1494 pemimpin bisnis di Asia dengan posisi strategis di perusahaan dan ada sekitar 113 orang berasal dari Indonesia menemukan bahwa "perkembangan teknologi saat ini dibutuhkan adaptasi dan penerapannya untuk bisnis terus eksis dan bertumbuh. 

Hanya saja tantangan pelaku industri pada transformasi digital dalam perusahaan mereka," disampaikan oleh Chief Marketing and Operations Microsoft Indonesia, Linda Dwiyanti pada acara Microsoft Industry Summit di Ballroom Ritz Carlton Pasific Place Jakarta (15/11/2017). (Dikutip dari SWA).

            Kini dunia perbankan saatnya pegang kendali dalam menangani berbagai transaksi online dengan inovasi teknologi digital untuk mempermudah bagi masyarakat Indonesia. Bank Danamon dalam melakukan adaptasi teknologi ini meluncurkan corporate web site yang tampil kekinian serta memberikan fitur terbaru.

            Upaya dalam membangun Connecting Future yang dilakukan Bank Danamon sebagai sarana bentuk komunikasi digital dengan masyarakat khususnya bagi generasi milenial ini melalui pengembangan akun media sosial seperti twitter, facebook, instagram yang terhubung langsung dengan corporate website.

            ATM sekarang tidak lagi menjadikan kemudahan dan praktis bagi nasabah. keradaan ATM belum tersebar secara merata, belum lagi adanya resiko kejaharan yang bisa saja terjadi kapan saja. Kini Transaksi online lebih menjadi pilihan pengguna dan mendapat respon dari dunia perbankan.

Apalagi pengguna mobile pun mengalami peningkatan dalam jumlah besar di Indonesia. Perbankan menyediakan fitur mobile dan internet banking. Data pengguna smartphone di Indonesia dalam jumlah besar.

            Beberapa terobosan teknologi digital yang dilakukan Bank Danamon, diantaranya :

  • D Card Mobile. Nasabah Danamon mengakses aplikasi kartu kredit seperti pemakaian tagihan melalui akses mobile phone/smartphone.
  • D'Connect yaitu program yang diluncurkan untuk para pebisnis secara mobile.
  • Program D-Point yaitu nasabah mengumpulkan poin dari beragam transaksi perbankan, selanjutnya dapat ditukar dengan berbagai hadiah menarik, seperti kebutuhan travel, gadget, atau voucher belanja.
  • Promo istimewa program Debar D-Point. Program ini dilakukan selama periode 23 Agustus -- 5 Desember 2017di hari Rabu setiap dua minggu yaitu cara nasabah hanya mengajukan penawaran sejumlah D-Point yang  nasabah miliki atau sesuai dengan jumlah taksiran/perkiraan Anda.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline