Lihat ke Halaman Asli

Rabiul Aulia

Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Sikap yang Sesuai dengan Pancasila Sila Pertama "Ketuhanan Yang Maha Esa"

Diperbarui: 15 Oktober 2023   08:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pancasila adalah ideologi bangsa, yang artinya pancasila menjadi cara pandang dan cara bersikap kita sebagai bangsa indonesia mengenai sesuatu,di dalam Pancasila terdapat 5 nilai yang sangat penting dan saling berkaitan antara satu sama lain. Diantaranya adalah nilai ketuhan,nilai kemanusiaan,nilai persatuan,nilai kerakyatan,

dan nilai keadilan.

Pada kesempatan ini saya akan membahas makna dari nilai ketuhanan yang ada di pancasila serta sikap yang sesuai dengan maknanya. 

Makna dari Pancasila sila pertama

Sila pertama dalam Pancasila yaitu "Ketuhanan Yang Maha Esa", memiliki pengertian bahwa bangsa Indonesia mengakui dan mempercayai adanya Tuhan yang Maha Esa, sebagai pencipta alam semesta.

Sila pertama Pancasila yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa merupakan salah satu syarat dalam membangun keyakinan dan toleransi beragama di kalangan warga negara, karena tanpa keyakinan dan toleransi beragama suatu bangsa akan terpecah belah oleh ancaman dari dalam negerinya sendiri.

Makna dari simbol sila pertama

Simbol Pancasila adalah Bintang emas lima sudut, yang terletak di tengah perisai burung Garuda. Makna dari Simbol bintang ini melambangkan cahaya, yang dipancarkan oleh Tuhan Yang Maha Esa, yang diyakini oleh seluruh rakyat Indonesia sebagai masyarakat yang berguna.

Adapun contoh sikap serta penerapan nilai Pancasila sila pertama "Ketuhanan Yang Maha Esa", dalam kehidupan sehari-hari :

1. Penerapan isi sila pertama di lingkungan rumah.

a. Beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline