Lihat ke Halaman Asli

Keperluan Manusia dengan Negara dan Agama

Diperbarui: 4 April 2020   13:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Manusia dalam hidupnya selalu mengakui adanya kekuatan yang dahsyat di luar dirinya. Pada mulanya manusia hidup sendiri-sendiri, yang kemudian manusia tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Manusia membutuhkan teman dan orang-orang sekitar untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Perkembangan selanjutnya karena jumlah manusia semakin banyak, maka diperlukan pimpinan dan aturan-aturan yang disepakati. Maka karena itu, mereka membuat aturan-aturan untuk mereka sepakati bersama dalam kehidupannya. dan mereka membagi tugas kepada setiap orang atau kelompok agar semua urusan dapat ditangani tanpa ada penutupan tugas pada seorang.

Manusia tidak dapat hidup dengan teratur tanpa adanya negara, manusia juga tidak akan hidup dengan tertib dan menjamin keamanan bersama tanpa adanya negara. Tanpa adanya wilayah, ketertiban bagi masyarakat tidak mungkin terjamin.

Manusia beragama karena memerlukan sesuatu dari agama. Manusia memerlukan petunjuk untuk kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Dengan agama, manusia juga bisa mendapatkan nilai-nilai moral dan hal-hal yang tidak dapat dicapai dengan akalnya. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline