Lihat ke Halaman Asli

Rangga

Teknisi

Mengenal Kapibara, Hewan yang Viral Sering Disebut Masbro

Diperbarui: 22 Februari 2023   10:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nature. Sumber ilustrasi: Unsplash

Capybara atau kapibara besar merupakan jenis hewan pengerat terbesar yang masih ada di dunia yang merupakan anggota genus Hydrochoerus. Kapibara merupakan hewan asli daerah tropis dan lembap di Amerika Selatan.

Kapibara terlihat seperti marmut raksasa; kapibara jantan mempunyai berat 35 sampai 65 kg dan kapibara betina beratnya 36 sampai 66 kg. Tubuh kapibara relatif besar, tetapi cenderung pendek dan gemuk. Panjangnya 105 sampai 135 cm, sementara tingginya 51 sampai 61 cm dari bahu.

Warna bulunya bervariasi dari cokelat sampai merah dan campuran antara keduanya, kulitnya keras dan bulunya berminyak.

 mamalia ini dapat hidup 8 sampai 10 tahun di alam liar, Kapibara yang merupakan herbivor sering merumput pada sore hari, sekitar pukul 16 atau 17 dan pada saat menjelang malam, namun mereka akan sangat aktif selama musim hujan dan pada malam hari.

Hewan ini dapat hidup di berbagai macam habitat, dari hutan hujan dan dataran bersemak sampai daerah rawa, hutan mangrove dan padang rumput yang terbuka. 

Di alam liar kapibara merupakan mangsa yang sangat potensial bagi beberapa predator, seperti jaguar, puma, buaya caiman (Caiman crocodilus), ocelot, elang, ular anakonda, dan manusia. Apabila dalam bahaya kapibara bersembunyi di vegetasi yang mengapung di daerah sekitar rawa.

Capybara kini nama nya sedang viral diberbagai sosial media, Karna meme nya yang bernama masbro.

Awal mula muncul nya meme capybara ini berawal dari twitter. Pada Sabtu (4/2/2023), twit disertai dengan foto editan tangkapan layar hasil pencarian terkait kapibara.

Foto tersebut menuliskan, Masbro alias kapibara merupakan jenis hewan pengerat terbesar yang masih ada di dunia. Menanggapi unggahan kapibara, warganet mengatakan bahwa julukan "Masbro" lantaran hewan ini amat santai dan ramah kepada sesama hewan maupun manusia.

Disimpulkan, kata gaul Mas Bro ini mengarah ke julukan yang ditujukan pada seseorang yang selalu santai.

Karakteristik dari orang-orang ini adalah tidak overthinking alias berpikir secukupnya. Maksudnya, ia tidak ingin pusing sebab mempermasalahkan sesuatu sepele. Pokoknya, sesuatu harus dicoba dulu

Oh jadi ini asal usul nya, jadi ga penasaran lagi deh




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline