Lihat ke Halaman Asli

R ADAMAHMADA

Mahasiswa

Trikomoniasis

Diperbarui: 20 Oktober 2022   19:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Penyakit Trikomoniasis merupakan penyakit seksual yang menular tetapi jarang sekali terdengar orang yang terkena penyakit ini. Trikomoniasis disebabkan oleh bakteri protozoa patogenik yang dapat menyebabkan keputihan dan radang vagina. Penderita penyakit ini dapat menularkan dengan cara seksual dengan pasangannya melalui hubungan kelamin antar kelamin dan menyebabkan terjadinya prostatitis atau uretritis non gonore pada laki-laki.

Kasus Trikomoniasis jarang terdengar di kalangan masyarakat jaman sekarang, namun penyakit ini juga tidak boleh disepelekan karena penyakit ini juga sama berbahaya nya dengan HIV dan dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya. Oleh karena itu, kesadaran masyarakat untuk waspada terhadap penyakit ini dan juga harus memeriksakan diri melalui instansi kesehatan masih rendah.

Melihat kondisi ini seharusnya pemerintah punya instansi khusus untuk menangani penyakit ini guna membantu dalam mengandalikan penyebaran penyakit ini. Wujud nyata kegiatan ini biasanya dilakukan oleh Dinas Kesehatan dalam melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin ke daerah lokalisasi.

Pekerja Seks Komersial (PSK) juga memiliki peran penting dalam penyebaran penyakit ini. Karena PSK yang sehari-harinya mencari uang dengan cara berhubungan badan. Seorang PSK yang tidak menjaga kebersihan diri terutama organ intimnya, maka penyakit ini akan lebih mudah tersebar karena hal itu. Karena menjaga kebersihan organ intim adalah bagian yang sangat penting karena disitu baisanya banyak bersarang bakteri-bakteri yang menyebabkan penyakit lain seperti HIV, Sipilis, dan Raja Singa.

Maka dari itu kita harus pintar-pintar menjaga kebersihan diri terutama bagian reproduksi supaya tidak tertular Penyakit Seksual atau Penyakit Kelamin. Dengan cara mengganti celana dalam minimal 2 kali sehari dan jangan lupa kalau mandi dibersihkan menggunakan sabun sampai benar-benar merasa sudah bersih dari bakteri.

Semoga kita semua dijauhkan dari penyakit-penyakit yang berbahaya terutama penyakit kelamin.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline