Lihat ke Halaman Asli

Girder Fly Over Aloha Telah Rampung Dipasang, Arus Lalu Lintas Kembali Normal

Diperbarui: 31 Agustus 2023   00:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi: Pribadi

Halo sahabat, pemasangan girder Fly Over Aloha dimulai pada Minggu (27/8/2023) tepat pukul 01.30 WIB sampai 03.25 WIB dan telah rampung pada Senin (29/8/2023). Selama 3 hari, telah terpasang 3 girder dengan bentang 40 meter yang tepat di atas perlintasan kereta api dan jalan raya utama.

Pekerjaan erection girder bentang 40 meter berada pada pilar P5-B sampai P6-B yang posisinya tepat berada di atas perlintasan kereta api. Pengerjaan erection girder dilakukan pada dini hari, karena beberapa alasan diantaranya melihat volume lalu lintas jika dini hari tidak padat dan window time yang diizinkan oleh PT.KAI pada jam 01.30 - 03.25 WIB.

Pengalihan arus lalu lintas dikarenakan crane yang digunakan untuk mengangkat PC-U Girder berada di jalan utama dari Surabaya menuju Sidoarjo. Sejumlah polisi dan petugas K3 membantu pengalihan arus lalu lintas dari Surabaya menuju Sidoarjo melewati Jalan Raya Juanda yang kemudian berputar balik di depan Masjid Jannatin Brigif 2 Marinir. 

Setelah itu, dilanjutkan ke arah frontage road untuk menuju Gedangan. Sebaliknya, untuk lalu lintas dari arah Sidoarjo yang akan menuju Surabaya tidak ada pengalihan arus. 

Sebagaimana berita yang beredar sebelumnya, penutupan jalan selama 5 jam pada Sabtu (26/8/2023) hingga Senin (29/8/2023). Tidak menimbulkan kemacetan, karena volume lalu lintas yang tidak terlalu padat. 

Petugas K3 juga memasang water barrier tepat di setelah SPBU Aloha dan tikungan sebelum rel kereta api  arah Raya Juanda dan dengan menggunakan lampu lalu lintas untuk mengalihkan kendaraan yang akan menuju Sidoarjo.

Setelah pemasangan girder pada fly over aloha pada Senin (29/8/2023), arus lalu lintas yang dialihkan hingga pukul 05.00 WIB dapat kembali seperti semula. Yang awalnya harus berputar balik didepan Masjid Jannatin Brigif 2 Marinir untuk menuju frontage road, kini bisa langsung dari arah Surabaya menuju Sidoarjo melewati Gedangan.

FO Aloha memiliki 2 seksi yang terdiri atas FO A (Sidoarjo-Juanda) sepanjang 435 meter dan FO B (Juanda-Surabaya) sepanjang 423 meter. Dan pemasangan erection girder bentang 40 meter ini termasuk pada seksi FO B. Fly Over Aloha memiliki lebar jembatan 9 meter yang terbagi menjadi 2 lajur dimana masing-masing memiliki panjang 3,5 meter, bahu jalan, dan sebagai pelindungnya menggunakan parapet yang dipasang pada sisi kanan dan kiri jembatan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline