Lihat ke Halaman Asli

KKN DESA SUMBERPASIR 2021

Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Mahasiswa KKN UM Membantu Warga Merenovasi dan Meramaikan Kegiatan di Teras Baca Desa Sumberpasir

Diperbarui: 22 Juli 2021   23:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang bersama dengan warga dusun merenovasi Teras Baca di dusun Ngerajan, desa Sumberpasir, kec. Pakis, kab. Malang pada Minggu (27/06/21). Teras Baca yang terletak di dusun Ngerajan ini sendiri digunakan oleh warga setempat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dalam melakukan suatu kegiatan, juga bagi anak muda sebagai wadah kegiatan dalam hal Sosial, Budaya, Agama, juga Ilmu Pengetahuan.

Teras Baca sendiri sudah berdiri sejak 2018, sehingga bagian atap dan juga pondasi perlu untuk diperbaiki demi kenyamanan dan keselamatan bagi penggunanya. Dalam hal ini kegiatan awal yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang yakni turut membantu warga dusun dalam merenovasi teras baca agar dapat kembali digunakan oleh warga setempat dalam melakukan kegiatan khususnya pada  Teras Baca. Kegiatan merenovasi sendiri berlangsung selama dua pekan.

Setelah kegiatan renovasi selesai, kegiatan yang dilakukan yaitu memasang banner yang sebelumnya sudah diberikan oleh mahasiswa KKN kepada pengurus Teras Baca. Selasa 6 Juli 2021 kegiatan yang dilakukan yaitu mengecat tembok dan juga menghias Teras Baca sehingga menarik  bagi warga setempat, terutama bagi anak-anak agar dapat mengembangkan potensi minat baca sejak usia dini dan kreativitas individu mereka.

dokpri

Kegiatan ini dilakukan dengan tetap menaati protokol kesehatan, guna membantu baik anak-anak maupun mahasiswa KKN agar dapat melakukan aktivitas secara aman dan tetap menjaga kesehatan baik untuk diri sendiri maupun dengan lingkungan sekitar.

dokpri

Kegiatan yang dilakukan di Teras Baca sendiri diantaranya yakni membuat kolase dari biji-bijian, dimana anak-anak membuat seni kolase dengan bahan biji-bijian yang disediakan, hal ini dapat melatih untuk bisa fokus dan juga terampil. Selain itu terdapat kegiatan cerdas cermat dimana setiap anak-anak harus menjawab soal yang telah diberikan dengan memutar kincir yang terdapat tulisan matematika maupun pengetahuan umum. Jika kincir tersebut berhenti di tulisan matematika maka anak-anak harus menjawab soal matematika, begitupun sebaliknya. Kemudian kegiatan selanjutnya yang dilakukan yaitu melukis masker putih berbahan kain dengan cat acrylic, hal ini bertujuan supaya anak-anak dapat melatih berpikir kreatif dan terampil.

dokpri

Kegiatan ini sendiri berlangsung setiap 2 kali dalam sepekan, yakni hari Jum'at dan Minggu. Kegiatan dan juga pembelajaran yang dilakukan sangat menarik dan menyenangkan untuk anak-anak, diharapkan dengan adanya kegiatan selama KKN ini, Teras Baca dapat kembali digunakan untuk kegiatan bagi siapa saja dan tidak hanya untuk anak-anak. Sehingga adanya aktivitas yang dilakukan di Teras Baca ini, dapat mempererat silaturahmi dan juga nilai-nilai Sosial, Budaya, serta Agama bagi warga setempat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline